Samsung Employee Volunteer, Program Memberdayakan Kreativitas Warga Kamal Muara

Karyawan Samsung Electronics Indonesia bersinergi dengan konsumen pengguna Samsung secara sukarela melatih konten digital warga dan menghias Kampung Pelangi, Kamal Muara menjadi tujuan wisata 
Samsung Employee Volunteer, Program Memberdayakan Kreativitas Warga Kamal Muara
Sukarelawan berpartisipasi memperindah lingkungan Kamal Muara dengan cat warna-warni
www.inikebumen.net JAKARTA - Memperingati 50 tahun Samsung Electronics, Samsung Electronics Indonesia mengajak konsumen dari komunitas Samsung Member melakukan aksi sosial. Bersama karyawan, kegiatan tersebut digelar di pemukiman nelayan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara yang dikenal sebagai ‘Kampung Pelangi’, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Program yang dilakukan di pemukiman nelayan Kamal Muara ini meliputi mural painting untuk mengembalikan warna-warni dan keindahan Kampung Pelangi. Kemudian, pelatihan digital dan pemanfaatan sosial media untuk mengembangkan usaha bagi para ibu PKK dan Karang Taruna.

Selanjutnya, perbaikan TPSS, menanam tanaman hidroponik, hingga donasi produk Samsung Smart TV dan tablet-tablet berisi e-book dan juga bisa dimanfaatkan untuk membuat konten yang dapat menarik lebih banyak turis datang ke Kampung Pelangi.

Kegiatan ini mendukung dan melanjutkan yang telah dilaksanakan pemerintah daerah pada tahun 2016. Yaitu menghias pemukiman nelayan Kamal Muara menjadi Kampung Pelangi dan menjadikannya bagian dari wisata Kota Tua.

"Kami memfasilitasi karyawan kami untuk berpartisipasi dalam aksi sosial sukarela dan berkontribusi langsung kepada masyarakat," kata Vice
President Samsung Electronics Indonesia, Kang Hyun Lee. 

Ia mengatakan sudah lima tahun berturut-turut secara konsisten, pihaknya melakukan aksi sosial karyawan. Kali ini dalam rangka memperingati hari jadi ke-50 Samsung Electronics di dunia. "Kami juga mengajak para pengguna Samsung dari komunitas Samsung Member," ujarnya.

Tahun ini, pihaknya membantu Warga Kampung Pelangi, Kamal Muara, Jakarta Utara, mempercantik lingkungan agar menarik turis yang melewati pemukiman menuju ke kepulauan Seribu.

"Pemukiman nelayan di Kamal Muara ini berpotensi menjadi salah satu tujuan wisata, sebagai bagian dari Kota Tua seperti yang dicanangkan pemerintah daerah,” paparnya.

Menurutnya, sekarang eranya generasi live, dimana orang semakin suka datang ke tempat unik untuk membuat konten sosial media. Dirinya berharap, pengecatan ulang dengan mural yang dilakukan karyawan  bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk datang dan membuat konten di tempat ini.

Pada 2016 saat dimulainya inisiatif Kampung Pelangi oleh pemerintah daerah Jakarta Utara, telah terjadi peningkatan jumlah turis. dan dengan kembali mempercantik lingkungan di Kamal Muara, turis dan masyarakat sekitar kembali tertarik untuk datang ke Kampung Pelangi di Kamal Muara.

Program Global Volunteering Month merupakan inisiatif filantropi dari Samsung secara global, yang setiap tahunnya diikuti oleh lebih dari 1.500 karyawan Samsung dari seluruh dunia untuk menyentuh banyak kehidupan melalui program-program kemasyarakatan yang berbeda-beda.

Samsung meyakini, bahwa dengan memberikan kesempatan bagi para karyawan dan komunitas Samsung untuk bersama-sama berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas, maka akan mendukung terbangunnya semangat positif dalam produktivitas sehari-hari dan juga dapat memperkuat jalinan kerja sama di antara karyawan.(*)
Powered by Blogger.