Siang ini, Bayangan Matahari di Kebumen Akan Menghilang

Hari Tanpa Bayangan Matahari di Kebumen akan terjadi Siang ini, Minggu, 13 Oktober 2019 mulai pukul 11.27.46 WIB
Siang ini, Bayangan Matahari di Kebumen Akan Menghilang
Ilustrasi
www.inikebumen.net KEBUMEN - Hari ini akan terjadi fenomena alam menghilangnya bayangan matahari di Kebumen.

Dikutip dari akun resmi twitter BMKG Jateng Stasiun Klimatologi Semarang @bmkg_semarang, Hari Tanpa Bayangan Matahari di Kebumen akan terjadi Siang ini, Minggu, 13 Oktober 2019 mulai pukul 11.27.46 WIB.

Dikutip dari artikel Menanti Hari Tanpa Bayangan Matahari di Kebumen, Hari Tanpa Bayangan Matahari terjadi saat deklinasi matahari tepat sama dengan garis lintang setempat bersamaan dengan saat transit Matahari terjadi.

Dalam ilmu falak, situasi tersebut akan menghasilkan nilai tinggi Matahari tepat 90º. Atau tepat berada di titik Zenith. Akibatnya setiap benda yang terpasang tepat tegaklurus rata–rata permukaan air dan menempel di tanah akan kehilangan bayangannya.
 
Kabupaten Kebumen memiliki titik markaz pada garis lintang 7º 40' LS. Maka saat deklinasi Matahari bernilai negatif 7º 40', yang terjadi tiap 1 Maret dan 13 Oktober setiap tahunnya, Hari Tanpa Bayangan Matahari  di Kebumen akan terjadi.

Pada saat itu bayang–bayang benda tegak akan menghilang pada tengah hari. Sebaliknya di bagian permukaan Bumi lainnya yang tersinari cahaya Matahari pada saat yang sama, maka bayang–bayang benda tegaknya tepat mengarah ke Kabupaten Kebumen.

Untuk dapat melihat fenomena alam ini, bisa dilakukan dengan cara:

Pilih sebidang lahan datar yang tersinari cahaya Matahari, misalnya lantai teras atau halaman rumah. Tentukan arah mata angin disini, terutama utara–selatan dan timur–barat.  Cari sebuah kotak kecil, misalnya balok kayu mainan anak–anak atau barang lainnya.

Dirikan kotak di lahan tadi. Lalu perhatikan jam anda, lebih bagus jika jam pada gawai pintar karena sinkron dengan jam standar Indonesia yang dikelola BMKG.

Jika hari cerah dan kotak tadi tersinari cahaya Matahari sepenuhnya, akan terlihat bayang–bayang kotak tersebut memendek dan terus memendek hingga akhirnya menghilang sepenuhnya pada pukul 11:27 WIB.(*)
Powered by Blogger.