TMMD Reguler ke-106 di Desa Rahayu Padureso Resmi Ditutup

TMMD Reguler di Padureso berakhir
TMMD Reguler ke-106 di Desa Rahayu Padureso Resmi Ditutup
Upacara penutupan TMMD Reguler ke-106
www.inikebumen.net PADURESO - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-106 Kodim 0709 Kebumen resmi ditutup oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 072 Pamungkas Kolonel Kav Puji Setiono. Penutupan ditandai dengan upacara di lapangan Desa Rahayu Kecamatan Padureso, Kamis, 31 Oktober 2019.

Selama 30 hari pelaksanaan TMMD di Desa Rahayu, berhasil membangun jalan yang menghubungkan antara Desa Rahayu dan Desa Sidototo Kecamatan Padureso sepanjang 673 meter lebar 3 meter dan tinggi 0,15 meter dan pembangunan lapangan desa panjang 80 meter dan lebar 75 meter.

Selain itu, pembuatan talud sepanjang 425 meter, tinggi 1,30 meter dan lebar 0,30 meter. Kemudian, pembangunan 6 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan rehabilitasi masjid desa setempat.

Tak hanya kegiatan fisik, TMMD Reguler juga diisi dengan kegiatan non fisik. Diantaranya penyuluhan bela negara dan kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan Kadarkum dan narkoba. Kemudian, penyuluhankesehatan PHBS, PMS dan HIV/AIDS, penyuluhan percepatan penganekaragaman komsumsi berbasis lokal dan praktek dari Distapang Kabupaten Kebumen.

TMMD Reguler ini didanai dari APBD Provinsi Jateng Rp 190 juta, APBD Kebumen Rp 478 juta, APBDes setempat Rp 270 juta dan APBN Rp 322,9 juta.

Kasrem 072 Pamungkas Kolonel Kav Puji Setiono, mengatakan TMMD merupakan program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK). Kegiatan ini mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah.

"Sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana," ujarnya.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, serta sejumlah pejabat lainnya.(*)
Powered by Blogger.