Wow, Calon Kades di Desa Lajer Ambal Kalah Hanya Selisih 1 Suara

Menang hanya selisih 1 suara
Wow, Calon Kades di Lajer Ambal Menang Hanya Selisih 1 Suara
Warga menggunakan hak pilihnya pada Pilkades, 5 November 2019
www.inikebumen.net AMBAL - Ada yang unik di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Selasa, 5 November 2019. Seorang calon kepala desa kalah hanya selisih satu suara dari pemenangnya.

Pilkades di desa setempat diikuti oleh tiga calon, yaitu nomor urut 1 Slamet Sobri, nomor urut 2 Khomisatun dan urut 3 Aris Subekti. Dengan jumlah pemilih tetap (DPT) 1.562 orang.

Dari hasil penghitungan suara, calon nomor urut 1 Slamet Sobri memperoleh 522 suara, kemudian nomor urut 2 mendapat 521 suara. Sedangkan, nomor urut 3 hanya memperoleh 208 suara. Dengan suara sah 1.251, suara tidak sah 18 dan total suara masuk 1.269.

Di TPS 1, Slamet Sobri unggul dengan perolehan 217 suara, Khomisatun 127 suara dan Aris Subekti 26 suara. Kemudian, di TPS 2 Khomisatun unggul dengan 168 suara, Slamet Sobri 148 suara dan Aris Subekti 106 suara.

Sementara di TPS 3 Khomisatun kembali unggul dengan meraup 226 suara, Slamet Sobri 157 suara dan Aris Subekti 76 suara.

Meski unggul di dua TPS, Khomisatun gagal memenangi Pilkades Lajer karena setelah ditotal dia mendapat 521 suara. Sementara Slamet Sobri mengumpulkan total 522 suara.

Baca juga: Pilkades Serentak, Calon Kades Terpilih Diminta Rangkul Lawannya

Camat Ambal Edy Purwoko, mengatakan meski hanya selisih suara, semua calon kepala desa di Lajer menerima hasil Pilkades tersebut. Bahkan, pemenang Pilkades juga telah ditetapkan oleh panitia.

"Alhamdulillah, suasananya tetap kondusif. Semua pihak sudah menyadari aturannya," terang Edy Purwoko, kepada inikebumen, Selasa malam.

Menurutnya, sejak awal tahapan Pilkades di Lajer sudah unik. Yaitu pada awal pendaftaran hingga penetapan calon kepala desa ada 7 orang. Namun, hingga akhirnya empat orang mengundurkan diri.

"Sehingga hanya 3 calon yang ikut Pilkades," ujarnya.
Wow, Calon Kades di Desa Lajer Ambal Kalah Hanya Selisih 1 Suara
Hasil perolehan suara Pilkades Desa Lajer, Kecamatan Ambal
Tak hanya di Lajer, kejadian unik juga terjadi di empat desa lain yang menyelenggarakan Pilkades di Kecamatan Ambal. Yaitu Desa Kradenan, Peneket, Entak dan Pucangan.

Di empat desa ini calon kepala desa petahana semuanya mendapat nomor urut 1. Uniknya lagi, tidak ada satupun yang memenangi Pilkades kali ini. "Ini sebuah kebetulan," imbuhnya.

Secara serentak 54 desa yang tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Kebumen, menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Selasa, 5 November 2019. Jumlah calon yang ikut dalam Pilkades tersebut sebanyak 164 orang. Terdiri 150 calon berjenis kelamin laki-laki dan 14 perempuan. Dari jumlah itu 24 orang diantaranya merupakan kepala desa petahana.

Adapun desa-desa yang menggelar Pilkades serentak yakni, Kecamatan Adimulyo 5 desa, Ambal 5 desa, Ayah 2 desa, Bonorowo 1 desa, Buayan 2 desa. Kemudian, Buluspesantren 1 desa, Gombong 1 desa, Karanggayam 2 desa, Kebumen 4 desa.

Selanjutnya, Klirong 4 desa, Kutowinangun 3 desa, Kuwarasan 4 desa. Petanahan 6 desa, Poncowarno 3 desa, Sadang 1 desa, Sempor 3 desa, Sruweng 2 desa. Puring 1 desa, Alian 1 desa.(*)
Powered by Blogger.