Pengaturan Lalu Lintas Bakal Diatur Perda - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Pengaturan Lalu Lintas Bakal Diatur Perda

www.inikebumen.net KEBUMEN - DPRD Kabupaten Kebumen menginisiasi untuk membuat aturan bagi setiap pelaku usaha wajib untuk memiliki analisis dampak lalu lintas (Andalalin). Raperda inisiatif tersebut telah disampaikan Komisi C DPRD Kebumen sebagai inisiator pada rapat paripurna DPRD, 8 Mei 2017.

Pengaturan Lalu Lintas Bakal Diatur Perda


Perda ini menjadi acuan studi atau kajian tentang dampak lalu lintas dari sebuah kegiatan usaha tertentu dalam bentuk dokumen Andalalin. Atau perencanaan pengaturan lalu lintas yang mendapat persetujuan dari Bupati Kebumen.

"Raperda ini disusun dengan maksud dan tujuan untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan oleh suatu kawasan pengembangan terhadap lalu lintas di sekitarnya," ujar Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad.

Yahya Fuad menjelaskan, setiap usaha khususnya kegiatan pengembangan kawasan dalam proses pembangunan baik berupa pembangunan pusat kegiatan, pemukiman atau infrastruktur sangat berpotensi menimbulkan dampak bagi masyarakat. Berupa gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Oleh karena itu diperlukan analisis dampak lalu lintas yang wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya dampak tadi," tegas Yahya Fuad.

Beberapa usaha yang nantinya wajib memiliki Andalalin diantaranya perumahan, pertokoan, pusat perbelanjaan, perkantoran, hotel, rumah sakit, kawasan industri, kawasan pergudangan, sekolah, terminal, bengkel, SPBU, dan sebagainya.

Nantinya rapeda ini akan menjadi landasan hukum dan pedoman bagi Pemkab Kebumen dalam penyelenggaraan Andalalin di Kabupaten Kebumen. Dengan adanya perda tersebut
pihaknya berharap keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas tidak terganggu ditengah pesatnya pembangunan yang dilakukan.

"Sehingga hak masyarakat untuk memperoleh keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan tetap terpenuhi," imbuhnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>