5 Bulan, 14 Orang Tewas Tertabrak Kereta Api 6 Diantaranya Terjadi di Kebumen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

5 Bulan, 14 Orang Tewas Tertabrak Kereta Api 6 Diantaranya Terjadi di Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Selama lima bulan terakhir kecelakaan lalu linta melibatkan kereta api cukup tinggi di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerta. Sejak Januari hingga Mei 2017, terdapat 19 kejadian.

5 Bulan, 14 Orang Tewas Tertabrak Kereta Api 6 Diantaranya Terjadi di Kebumen
Ilustrasi : Mobil pikap ringsek jadi rongsokan tertabrak kereta api di Kebumen.  

Selain itu, ada satu kejadian truk mogok di jalur perlintasan sebidang sehingga perjalanan kereta api menjadi terlambat. Dengan korban sebanyak 6 orang luka-luka dan 14 orang meninggal dunia.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, menjelaskan Kabupaten Kebumen menjadi wilayah paling sering terjadi kecelakaan yang melibatkan kereta apai. Yakni mencapai 6 kasus kecelakaan, bersama Cilacap, yang juga terjadi 6 kali kejadian. Kemudian Purworejo 4 kali, Banyumas 3 kali dan Brebes 1 kali.

"Wilayah PT KAI Daop 5 yang menurut kami rawan terjadi temperan, yakni perlintasan sebidang tanpa palang pintu," ujar Ixfan Hendriwintoko.

#######Baca juga: Kebumen Masuk Daerah Rawan Gangguan Perjalanan Kereta Api#####

Menurutnya, perlu penanganan serius, baik oleh pemerintah daerah maupun pusat. Jika dibiarkan, angka kecelakaan akibat temperan di perlintasan sebidang tanpa palang pintu akan terus meningkat.

"Harapan kami bisa perlintasan sebidang yang telah dibangun oleh pemerintah, menjadi tidak sebidang dengan jaur KA," pintanya.

Jika memungkinkan, lanjut dia, pemerintah daerah menutup pelintasan-perlintasan liar tanpa ijin. "Yang tak kalah pentingnya kesadaran pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu yang ada," kata Ixfan.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>