Atasi Rentenir, Bupati Luncurkan Program Kredit Cepat dan Murah - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Atasi Rentenir, Bupati Luncurkan Program Kredit Cepat dan Murah

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemkab Kebumen akan melaunching program kredit cepat dan murah bagi pedagang pasar di Kabupaten Kebumen. Diharapkan dengan adanya program ini dapat mengurangi ketergantungan pedagang terhadap rentenir.

Atasi Rentenir, Bupati Bakal Luncurkan Program Kredit Cepat dan Murah bagi Pedagang Pasar
Suasana pasar pagi di Pasar Tumenggungan Kebumen

Program kredit  yang dikeluarkan oleh BUMD-BUMD di Kebumen tersebut, rencananya akan dilaunching oleh Bupati
Kebumen, Mohammad Yahya Fuad, di Pasar Tumenggungan Kebumen. Besok pagi, Sabtu (3/6/2017) pukul 05.00 WIB.

Program kredit inovasi BUMD yang akan dilaunching adalah KOMPAK (Kredit Murah Pedagang Pasar Kebumen) milik PD
BPR BKK Kebumen. Kemudian, Kredit Simbok (Kredit Bagi Koperasi Mitra Bakul Kebumen) milik PD BPR Bank Kebumen. Serta Program PREPEGAN (Pinjaman Bunga Rendah Bagi Pedagang) oleh PD BKK Sruweng.

Program kredit KOMPAK, Kredit SIMBOK dan PREPEGAN seluruhnya diprioritaskan untuk para pedagang pasar. Dengan suku bunga kredit antara 0,75% hingga 5 % per bulan. Adapun plafond atau nilai tertinggi pengusulan kredit sebanyak Rp 2juta, dengan jangka waktu maksimal 1 tahun.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kebumen, Wahyu Siswanti, mengatakan program tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkab Kebumen terhadap para pedagang pasar terkait permodalan. Menyusul ditemukannya di lapangan,  banyak pedagang pasar yang  membutuhkan modal usaha. Bahkan mereka rela membayar bunga tinggi  hingga mencapai 15% untuk bisa mendapatkan pinjaman.

Sehingga perlu adanya keberpihakan dari bank-bank milik daerah (BUMD) terhadap para pedagang pasar di Kabupaten Kebumen.

"Program Kredit murah dan cepat ini diharapkan bisa mengurangi pengeluaran pedagang pasar," ujar Wahyu Siswanti, Jumat (2/6/2017).(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>