Keselamatan Wisatawan Jadi Prioritas Polres Kebumen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Keselamatan Wisatawan Jadi Prioritas Polres Kebumen

www.inikebumen.net PURING - Meski disibukan dengan pengamanan jalur jalan utama, dimana terjadi peningkatan arus lalu lintas yang fantastis dibandingkan hari-hari biasa. Kepolisian Resor Kebumen dan jajarannya tetap menyiagakan personilnya untuk melakukan pengamanan di seluruh obyek wisata yang ada di Kabupaten Kebumen. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang sedang menikmati masa liburannya.

Keselamatan Wisatawan Jadi Prioritas Polres Kebumen
Sejak hari pertama Lebaran Pantai Suwuk di Desa Tambakmulya, Kecamatan Puring telah dikunjungi oleh ribuan wisatawan. 
Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, melalui Kasubbag Humas AKP Willy Budiyanto, menyatakan dengan segala keterbatasan personil, Polres Kebumen tetap melakukan pengamanan secara maksimal dengan menempatkan anggota polisi disetiap obyek wisata yang ada.

"Prioritas utama adalah keselamatan wisatawan. Terutama di beberapa obyek wisata seperti Pantai Laguna Mirit, Pantai Settrojenar, Pantai Bopong dan Pantai Suwuk," ujar AKP Willy Budiyanto.

Mengacu pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, lanjut dia, selalu terjadi peristiwa laka laut yang merenggut korban jiwa. Namun, pihaknya bersyukur, pada libur Lebaran  tahun ini belum ada laporan tentang wisatawan yang tenggelam terbawa ombak laut selatan yang terkenal ganas.

Menurutnya, ini terjadi karena kesadaran pengunjung mulai meningkat untuk mematuhi himbauan-himbauan dari pengelola obyek wisata maupun petugas-petugas yang melakukan pengamanan.

Selain menempatkan personil secara statis di Pos-Pos Pengamanan, Polres Kebumen juga menerjukan Satgas Khusus yang mobiling atau bergerak dari satu obyek wisata ke obyek wisata yang lain. Secara khusus personil Satgas Wisata terdiri dari para Polisi Wanita (Polwan). Selain memberikan pengamanan secara umum, mereka juga bisa melakukan tindakan-tindakan kepolisian lainnya bila diperlukan.

Bahkan, Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, pun turut turun langsung untuk mengetahui langsung situasi yang ada diwilayahnya. Bahkan terlihat ikut mengatur lalu lintas di  beberapa lokasi saat terjadi kepadatan.

Kapolres wanita pertama di Kebumen ini, mengaku tidak bisa hanya tinggal diam duduk di kantor dan monitor situasi melalui pesawat Handy Talky (HT). Maupun hanya menerima laporan dari para bawahannya.

"Bagaimana saya bisa memberikan perintah kepada jajaran saya dengan tepat dan jelas bila saya tidak menyaksikan situasi di lapangan secara langsung," tegas wanita asli Purwokerto ini.

Titi berharap berharap kehadirannya secara langsung dilapangan bisa menaikkan moril para personil. Sehingga mereka tetap semangat dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini. “Saya berharap dan berupaya supaya liburan Lebaran tahun ini zero accident di Kebumen," kata dia.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>