Menikmati Susur Sungai Bawah Tanah di Goa Barat Jatijajar - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Menikmati Susur Sungai Bawah Tanah di Goa Barat Jatijajar

www.inikebumen.net AYAH - Bagi pecinta wisata ekstrem belum lengkap rasanya jika belum mencoba wisata susur Goa Barat di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Pasalnya, di dalam goa barat ini wisatawan akan disuguhi aliran sungai bawah tanah. Tak hanya itu, didalam goa ini juga terdapat air terjun.

Menikmati Susur Sungai Bawah Tanah di Goa Barat Jatijajar
Pengunjung saat menyusuri sungai bawah tanah di dalam Goa Barat.
Wisatawan yang ingin menikmati Goa Barat telah disediakan angkutan khusus dari kawasan parkir wisata Goa Jatijajar. Tak perlu khawatir, pengelola akan membekali pengunjung dengan sepatu pengaman, pelampung, pakaian khusus telusur goa hingga helm pengaman. "Satu orang pemandu akan mendampingi enam orang pengunjung," ujar Pengelola Goa Barat, Marshinus Yosa.

Sampai di mulut goa, pengunjung akan langsung menuruni anak tangga menuju ruangan bawah tanah menuju aliran sungai. Perjalanan awal menyusuri goa ini, pengunjung akan disuguhi keindahan stalagtit dan stalagmit. Setelah berjalan kurang lebih lima puluh meter kebawah, pengunjung akan menemui aliran sungai bawah tanah. Disinilah awal perjalanan susur Goa Barat dimulai.

Meski lelah dan dingin, ada kepuasan tersendiri usai menyusuri sungai di dalam perut bumi itu. Terlebih saat pengunjung melihat air terjun yang ada didalam goa. "Trek yang ditawarkan ke pengunjung bervariasi. Mulai dari durasi dua jam perjalanan hingga delapan jam perjalanan," beber Marsinus.

Kawasan wisata goa yang letaknya tak jauh dari Goa Jatijajar ini dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Saking indahnya tempat ini pun mulai diminati pengunjung.

Ya, susur keindahan bawah tanah Goa Barat ini bisa menjadi alternatif libur Lebaran yang menyenangkan. Pengunjung cukup merogoh kocek antara Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu per orang sudah dapat menyusuri keindahan sungai bawah tanah sepuasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>