Warga Logandu Baru Lebaran Hari ini - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Warga Logandu Baru Lebaran Hari ini

www.inikebumen.net KARANGGAYAM - Berbeda dengan warga pada umumnya, warga Desa Logandu Kecamatan Karanggayam, baru merayakan hari Lebaran hari ini, Selasa (27/6/2017). Hal itu dilakukan warga setempat sudah turun temurun.

Warga Logandu Baru Lebaran Hari ini
Warga Desa Logandu, Kecamatan Karanggayam, merayakan Lebaran hari ini, Selasa (27/6/2017).
"Hari ini kita berlebaran sama orang-orang tua yang sudah sepuh," ujar Warga Desa Logandu, Sainem (42), disela-sela bersilaturahmi.

Menurut penuturannya, warga sudah menggelar sholat idulfitri pada Minggu (25/6/2017). Namun, tidak langsung berlebaran dengan tetangga maupun dengan orang tua mereka. "Saya juga nggak tahu kapan mulainya. Ini sudah tradisi.turun temurun," ucapnya.

Sadimin (55), warga lain menambahkan, warga setempat masih memegang adat istiadat tersebut. Termasuk, warga juga tidak boleh menggelar lebaran pada hari Senin dan Sabtu.

"Makanya kenapa nggak dilakukan pada Senin kemarin, tapi baru hari ini. Karena Senin itu dilarang untuk banyak acara," ungkap Sadimin.

Menurutnya, yang mengelar Lebaran hari ini bukan hanya di Desa Logandu. Tetapi, di wilayah Kecamatan Karanggayam, mayoritas baru berlebaran hari ini. Diantaranya Desa Clapar, Gunungsari, Ginandong, Soma dan sejumlah desa lainnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>