Jelang Agustusan, Penjual Bendera Bermunculan - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Jelang Agustusan, Penjual Bendera Bermunculan

www.inikebumen.net KEBUMEN - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun, penjual bendera mulai marak di Kebumen, sejak seminggu terakhir. Para penjual itu merupakan penjual musiman yang memanfaatkan momen HUT RI.

Jelang Agustusan, Penjual Bendera Bermunculan
Penjual bendera berjualan di Jalan Pahlawan depan SMP Pius Bhakti Utama Kebumen, Jumat (28/7/2017)
Para penjual bendera itu memanfaatkan trotoar seperti di Jalan Pahlawan depan SMP Pius Bhakti Utama Kebumen.

Para penjual bendera yang menjajakan dagangannya di trotoar jalan, biasanya hanya mengikat bendera di seutas tali yang membentang untuk menarik perhatian pengguna jalan raya agar terjual.

Salah satu penjual bendera,  Cengceng (53), sejak tanggal 21 Juli lalu memilih berjualan bendera di depan SMP Pius Bhakti Utama Kebumen.

Bendera yang dijual beragam rupanya. Ada bendera merah putih dengan ukuran berbeda-beda, bendera warna warni untuk menghias jalanan, atau bendera merah putih dengan lambang garuda sebagai backround panggung yang panjangnya bisa mencapai 10 meter.

Harga yang ditawarkannya pun beragam. Dari mulai lima belas ribu rupiah hingga dua ratus lima puluh ribu rupiah, tergantung jenis bendera serta ukurannya.

Cengceng yang sudah lebih dari 30 tahun berjualan musiman ini, mengaku medapatkan keuntungan yang cukup besar. Tahun lalu, Cengceng bisa mendapatkan keuntungan jutaan selama kurang lebih dua minggu.

"Saya mulai berjualan sejak 21 Juli lalu. Rencananya akan berdagang sampai tanggal 16 Agustus mendatang," katanya.

Barang dagangan bendera tersebut, kata dia, diambil dari konveksi di Garut, Jawa Barat, untuk dikirim melalui paket unutk di jual di Kebumen. "Biasanya saat sepekan menjelang hari kemerdekaan lumayan ramai pembelinya," ujarnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>