Kominfo Jateng: Humas Pemerintah Saat ini Masih Menjadi Side Job - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Kominfo Jateng: Humas Pemerintah Saat ini Masih Menjadi Side Job

www.inikebumen.net KARANGANYAR - Profesi humas pemerintah saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Seiring dengan keterbukaan informasi serta meningkatnya tuntutan dan harapan masyarakat akan hak informasi masyarakat. Sehingga  seorang humas dituntut mampu menyampaikan informasi kebijakan dan hasil-hasil pembangunan dengan benar kepada masyarakat.

Kominfo Jateng: Humas Pemerintah Saat ini Masih Menjadi Side Job

"Termasuk mampu menyampaikan bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Serta  mampu menyampaikan yang salah tersebut dengan cara yang benar," ujar Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Jateng, Evi Sulistyorini, saat Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), di Hotel Candisari Karanganyar, Kamis (27/7/2017).

Menurutnya, humas pemerintah saat ini juga berperan sebagai bagian dari pemutus keputusan dan pemberi saran kepada pimpinan. Sehingga  harus memahami konsep terkait kebijakan di lembaganya.  "Mengetahui batasan mana yang bisa dishare ke media dan mana yang tidak. Humas juga tidak boleh bohong dan menutupi fakta  dan data.  Meski, humas juga tidak selalu harus menyatakan semuanya," paparnya.

Evi mengatakan, humas pemerintah saat ini sangat strategis. Tak hanya untuk membentuk citra positif, juga menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat. Dengan menjalin komunikasi dua arah, diharapkan akan tercipta hubungan yang harmonis diantara keduanya. Sehingga akan memunculkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Di sisi lain, pihaknya juga menyadari bahwa tugas kehumasan di tiap OPD saat ini masih menjadi side job. Tugas kehumasan akan dikerjakan tatkala tugas utama terselesaikan. Sehingga tugas kehumasan tidak bisa terselesaikan secara optimal. "Sehingga informasi tidak bisa dilaporkan secara cepat. Serta hambatan lainnya seperti penguasaan IT yang masih kurang dan minimnya sarana dan prasarana pendukungnya," imbuhnya.

Sementara pembicara lainnya, Ully Manik, dari Dinas Kominfo Provinsi Jateng berbagi ilmu tentang teknik penulisan rilis berita. Menurutnya sebuah berita harus memenuhi aspek faktual, aktual dan akurat. Humas pemerintah juga diminta untuk meninggalkan pola-pola lama.

"Dimana humas pemerintah  yang dulu berkesan kaku, pasif dan tidak update. Beralih menjadi humas yang  paham situasi terkini. Yakni humas yang komunikatif, luwes, kreatif, inovatif dan profesional," kata Ully.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan kualifikasi humas yang baik . Yakni  harus memahami kerja wartawan, paham psikologi media serta pahan redaksional berita.

Pelatihan yang dimoderatori Kasubag Humas dan Protokol Setda Kebumen, Amilah Thamrin, tersebut diikuti oleh petugas Bakohumas seluruh OPD di Kebumen. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, dari tanggal 27-28 Juli 2017.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>