Saka Bahari Gelar Upacara HUT Pramuka di Laut - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Saka Bahari Gelar Upacara HUT Pramuka di Laut

www.inikebumen.net AYAH - Pramuka Saka Bahari Kwarcab Kebumen menggelar upacara peringatan HUT Pramuka dengan cara unik. Upacara bendera tersebut tidak dilakukan di lapangan pada umumnya. Tetapi digelar di pesisir Pantai Logending Kecamatan Ayah, dengan cara seluruh peserta upacara masuk ke dalam air.
Saka Bahari Gelar Upacara HUT Pramuka di Laut
Anggota Saka Bahari mengikuti upacara HUT Pramuka dengan nyemplung ke air.
Andalan Cabang Saka Bahari Kwarcab Kebumen, Yoyok Kusheman, menjelaskan upacara di laut sudah menjadi tradisi bagi Saka Bahari Kebumen.

"Ini bukan hanya pada HUT Pramuka, tapi kalau ada pelantikan anggota Saka Bahari juga kami selalu di laut karena Saka Bahari adalah Pramuka yang lebih banyak medianya di air," ujar Yoyok Kusherman, kepada inikebumen.net, Senin (14/8/2017).

Berbagai agenda rutin yang selalu digelar di pesisir, diantaranya upacara Hari lahir Saka Bahari, Upacara pelantikan dan pengukuhan di lingkup Pramuka Saka Bahari. Menjadi tradisi upacara baik itu penerimaan tamu Saka maupun pelantikan kenaikkan tingkat serta penyematan tanda kecakapan atau Krida," kata dia.

Saat ini anggota Saka Bahari aktif di Kwarcab Kebumen sebanyak 510 andik, yang tersebar di pangkalan Ayah, Gombong, dan Puring. Saka Bahari Kebumen merupakan bagian dari Satuan Karya yang ada di Pramuka Kwartir Cabang Kebumen.

"Pangkalan induknya ada di Pos TNI AL Logending yang sekaligus ditunjuk langdung oleh Kwarcab Kebumen sebagai andalan cabang urusan Saka Bahari dan juga sebagai Ketua pimpinan Saka Bahari," kata Yoyok.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>