Sidat Kebumen Tembus Pasar Eropa - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Sidat Kebumen Tembus Pasar Eropa

www.inikebumen.net  AMBAL - Produksi ikan sidat di Desa Sidoluhur, Kecamatan Ambal, diminati oleh konsumen luar negeri. Bahkan saat ini, sidat Kebumen itu telah memasuki pasar ekspor Amerika dan Eropa.

Sidat Kebumen Tembus Pasar Eropa
Panen Sidat di Desa Sidoluhur, Kecamatan Ambal.
"Sebelumnya kami rutin ekspor negara-negara di Asia, seperti Jepang, Korea dan Thailand," ujar Ketua Kelompok Tani Ikan Delta Sidat Desa Sidoluhur, Kecamatan Ambal,  Syaeful Mustofa, di rumahnya, belum lama ini.

Menurut Syaeful permintaan ekspor sidat ke Amerika, Belanda dan Perancis, disebabkan keberhasilkan petani sidat Kebumen menyediakan ikan sidat berpakan alami.

Sidat berpakan alami berukuran 2,5 ons sampai 4 ons per ekor atau  sidat konsumsi tersebut merupakan hasil budidaya Syaeful. Beserta anggota Delta Sidat desa setempat serta petani pembudi daya di beberapa kecamatan di Kebumen, sejak 5 tahun terakhir ini.

Syaeful mengaku, pihaknya sudah berulang kali mengekspor ke Jepang dan Korea. Kemudian ke Thailand. Ternyata kabar itu didengar oleh eksportir sidat ke Amerika dan Eropa.

"Untuk melihat kondisi pembudidayaan kami, mereka datang langsung kesini untuk membuktikan apakah sidat kami sudah jinak dan benar-benar hasil budidaya berpakan alami," beber Syaeful.

Begitu antusiasnya mereka melihat kondisi budidaya sidat di Sidoluhur, saat itu juga sang eksportir langsung menawarkan kontrak penyediaan  sidat konsumsi untuk kebutuhan ekspor mereka.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>