Jalur Rel Terendam Banjir di Porong, Sejumlah Perjalanan KA Dibatalkan - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Jalur Rel Terendam Banjir di Porong, Sejumlah Perjalanan KA Dibatalkan

www.inikebumen.net SURABAYA - Sejumlah perjalanan Kereta Api (KA) terganggu menyusul terendamnya jalur Tanggulangin-Porong, Sidoarjo, Jawa Timur,  karena hujan dengan intensitas tinggi, yang mengguyur pada Minggu, 26 November 2017.

Jalur Rel Terendam Banjir di Porong, Sejumlah Perjalanan KA Dibatalkan
Jalur Rel KA di Porong, Jawa Timur, terendam banjir.
Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan informasi yang didapatkan dari Daop 8 Surabaya, akibat dari kejadian itu beberapa KA yang melewati jalur tersebut terhambat perjalanannya.

Sejumlah KA tertahan di stasiun karena tidak tidak bisa melewati jalur tersebut. "Sehingga penumpangnya terpaksa dialihkan perjalanannya menggunakan bus oleh pihak PT KAI Daop 8 Surabaya," ujar Ixfan.

Menurut Ixfan, beberapa perjalanan KA dari arah Malang dengan tujuan Jakarta/Bandung yang melewati Surabaya juga harus memutar ke arah Blitar, Kediri, dan Kertosono. "Bahkan mengalami pembatalan dan PT KAI mengembalikan 100 persen bea perjalanan kepada penumpang yang membatalkan tiketnya," terangnya.

Untuk mengatasi gangguan perjalanan, lanjut Ixfan, pihak PT KAI Daop 8 Surabaya telah melakukan upaya normalisasi jalur selama 1x24 jam sejak kejadian dengan meninggikan rel menggunakan MTT dan penambahan batu balas. "Tapi sampai Seninjalur tetap belum bisa dilewati KA karena ketinggian air mencapai 29 centi meter di atas kop rel," imbuhnya.

Guna melayani perjalanan penumpang, Senin, 27 November 2017, PT KAI menetapkan skenario operasi perjalanan KA. Yakni KA Bima relasi Kertosono – Surabaya Gubeng – Malang dibatalkan. Sebagai gantiya dijalankan KLB relasi Kertosono – Blitar – Malang. KA Mutiara Selatan relasi Kertosono – Surabaya Gubeng – Malang dibatalkan. Sebagai gantinya dijalankan KLB relasi Kertosono – Blitar – Malang.

Untuk beberapa KA terdampak banjir Porong yang datang atau melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto dan mengalami kelambatan. Yaitu KA 101 (Ranggajati) relasi Jember-Surabaya Gubeng-Purwokerto, yang mengalami kelambatan 150 menit.

KA 102 (Ranggajati) relasi Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember dibatalkan sebagian untuk relasi Surabaya Gubeng-Jember. KA 187 (Logawa) relasi Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember dibatalkan sebagian untuk relasi Surabaya Gubeng-Jember.

"Kami mohon maaf kepada penumpang baik yang perjalanannya mengalami keterlambatan atau yang mengalami pembatalan perjalanan," tuturnya.

Bagi yang mengalami pembatalan perjalanan, lanjut dia, penumpang diminta mengambil kembali bea tiketnya 100 persen di loket dengan menunjukkan boarding pass asli dan kartu identitas di loket stasiun.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>