KPU Kebumen Gelar Nobar Debat Perdana Capres dan Cawapres - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

KPU Kebumen Gelar Nobar Debat Perdana Capres dan Cawapres

www.inikebumen.net KEBUMEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen menggelar nonton bareng (Nobar) Debat Perdana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Nobar diselenggarakan di halaman kantor KPU Kebumen, Kamis malam, 17 Januari 2019.
KPU Kebumen Gelar Nobar Debat Perdana Capres dan Cawapres
Suasana nobar debat Capres dan Cawapres di halaman Kantor KPU Kebumen, Kamis malam, 17 Januari 2019.
Hadir pada acara itu, Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede. Ketua KPU Kebumen Yulianto, Ketua Bawaslu Kebumen Arif Supriyanto, pimpinan partai politik, timses pasangan calon, hingga penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan.

Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilu 2019, diikuti oleh dua pasangan calon. Yakni Paslon 01 Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

"Debat capres ini dinilai sangat penting bagi pendidikan politik masyarakat sebelum menentukan pilihanya," terang Ketua KPU Kebumen, Yulianto.

Menurutnya, debat tersebut diatur dalam peraturan KPU (PKPU) nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye pemilu pasal 48, 49 dan 50. Pada pasal 48 ayat 3 menyebutkan debat dilaksanakan sebanyak 5 kali dengan rincian 2 kali untuk calon presiden, 1 kali untuk calon wakil presiden dan 2 kali untuk calon presiden dan wakil presiden.

Debat Perdana  disiarkan langsung melalu TVRI, RRI, Kompas TV dan RTV. Adapun tema debat yang diselenggatakan di Hotel Bidakara adalah Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme.

Kemudian, Debat Kedua disiarkan langsung oleh RCTI, GTV, MNC TV dan iNews TV. Debat yang akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta mengangkat tema "Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, dan Infrastuktur".

Debat Ketiga diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan. Debat yang bakal disiarkan langsung oleh Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia TV akan mengangkat tema "Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan".
KPU Kebumen Gelar Nobar Debat Perdana Capres dan Cawapres
Suasana nobar debat Capres dan Cawapres di halaman Kantor KPU Kebumen, Kamis malam, 17 Januari 2019.
Debat Keempat akan mengangkat tema "Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan serta Hubungan Internasional". Debat yang bakal disiarkan langsung oleh Metro TV, SCTV dan Indosiar akan diselenggarakan pada 30 Maret 2019. Namun, tempatnya belum ditentukan.

Sedangkan, debat kelima bakal disiarkan langsung oleh tvOne, ANTV, BeritasatuTV dan NET TV. Adapun temanya "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri". Pelaksanaan dan tempat debat terakhir ini masih belum ditentukan.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>