Besok Ada Gerhana Matahari Cincin, Kemenag Kebumen Imbau Umat Islam Gelar Salat Kusuf

Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12.46 WIB. Dengan 75 persen cakram matahari akan tertutupi bundaran bulan.
Besok Ada Gerhana Matahari Cincin, Kemenag Kebumen Imbau Umat Islam Gelar Salat Kusuf
Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Panut, saat menjadi khotib Shalat Idul Fitri 1440 H di Alun-alun Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Fenomena alam berupa gerhana matahari cincin akan terjadi besok Kamis, 26 Desember 2019. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen menyampaikan imbauan Umat Islam di Kabupaten Kebumen menggelar salat kusuf atau salat gerhana.

"Kami mengimbau agar melakukan kegiatan disunahkan pada fenomena gerhana," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen, H Panut, belum lama ini.

Selain salat kusuf, Panut, juga mengimbau khususnya kepada madrasah yang berada dibawah naungan Kemenag agar melakukan pengamatan gerhana matahari cincin.

Adapun, salat kusuf atau salat gerhana matahari dilakukan dua rakaat. Dengan rangkaian sebagai berikut: berniat di dalam hati, takbiratul ihram seperti shalat biasa, membaca do’a iftitah dan berta’awudz. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat yang panjang dengan diperdengarkan suaranya.

Setelah itu rangkaian selanjutnya adalah ruku’ sambil memanjangkannya, bangkit dari ruku’ alias (i’tidal). Setelah I’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat yang panjang. Adapun berdiri atau takbiratul ihram kedua ini lebih singkat dari saat berdiri yang pertama.

Kemudian dilanjutkan dengan ruku’ kembali atau ruku’ kedua yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya. Bangkit dari ruku’ (i’tidal), sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali.

Rangkaian selanjutnya adalah bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama. Namun bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya, kemudian tasyahud dan diakhiri salam.

Setelah salat, Imam lalu menyampaikan khutbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdo’a, beristighfar, sedekah, dan hal baik lainnya.

Pelaksanaan salat gerhana menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing. Peristiwa gerhana matahari cincin di Indonesia akan terjadi pada Kamis 26 Desember 2019. Di Kabupaten Kebumen gerhana ini akan nampak sebagai gerhana sebagian seiring posisi Kebumen di zona penumbra gerhana.

Gerhana diperhitungkan akan berlangsung antara pukul 10.54 hingga 14.28 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 12.46 WIB. Dengan 75 persen cakram matahari akan tertutupi bundaran bulan.(*)
Powered by Blogger.