Kapolres Kebumen Serahkan Bantuan ke Warga Terdampak Bencana Pohon Tumbang

Kapolres bantu korban terdampak pohon tumbang dan tanam pohon 
Kapolres Kebumen Serahkan Bantuan ke Warga Terdampak Bencana Pohon Tumbang
Kapolres saat berbincang dengan warga yang rumahnya rusak diterjang angin kencang. (Foto: Humas Polres Kebumen )
www.inikebumen.net SRUWENG – Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memberikan bantuan kepada warga korban terdampak angin kencang dan hujan deras di Desa Pengempon, Kecamatan Sruweng. Bantuan diserahkan pada Jumat, 3 Januari 2020.

Warga yang rumahnya rusak diterjang angin kencang di desa tersebut diantaranya diantaranya Mohamad Nursalam (65), dan Tohiran (70). Peristiwa angin kencang terjadi pada Sabtu 7 Desember 2019 lalu.

"Kami turut prihatin dengan musibah yang menimpa Mbah Nursalam dan Mbah Tohiran, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dari Kepolisian terhadap warganya dan semoga bisa sedikit meringankan beban mereka," ujar Rudy, disela-sela menyerahkan bantuan.

Seperti yang diketahui, baru-baru ini di Desa Pengempon Kecamatan Sruweng terjadi angin kencang yang mengakibatkan beberapa rumah warga tertimpa pohon dan mengalami kerusakan.

"Memasuki awal musim penghujan, terutama di wilayah Kabupaten Kebumen sering terjadi hujan disertai angin kencang, akibatnya banyak pohon yang tumbang bahkan sampai menimpa rumah warga," kata Kapolres Kebumen.

Ia mengimbau kepada warga di Kabupaten Kebumen, agar yang memiliki pohon tua dan rawan tumbang agar ditebang saja. Hal ini supaya tidak menjadi hal-hal yang diinginkan. Terlebih akhir-akhir ini curah hujan yang semakin meningkat.

Sementara itu, bencana banjir di beberapa wilayah di tanah air, Polri mencanangkan program "Polri Peduli Penghijauan". Program terpusat dari Kapolri Jendral Polisi Idham Azis itu dilakukan serentak di seluruh Indonesia termasuk di Polres Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memimpin langsung kegiatan tanam pohon di Mapolres, Jumat pagi, 3 Januari 2020.

Kegiatan yang diikuti seluruh pejabat utama Polres Kebumen, Bhayangkari dan seluruh personel, menanam ratusan pohon di Polres Kebumen. Pohon yang ditanam meliputi, pohon jambu, kelengkeng, durian, dan pohon berbuah lainnya.
Kapolres Kebumen Serahkan Bantuan ke Warga Terdampak Bencana Pohon Tumbang
Kapolres dan istri menanam pohon di halaman Mapolres Kebumen(Foto: Humas Polres Kebumen )
"Pada penanaman pohon yang dilakukan Polres Kebumen mengutamakan pohon yang berbuah, sehingga lebih bermanfaat untuk anak-cucu kelak," jelas AKBP Rudy.

Kegiatan ini adalah memberikan manfaat kepada alam dan generasi yang akan datang. Pada kegiatan ini, Polres Kebumen melakukan melakukan penanaman di sejumlah titik di Mapolres, diantaranya di dekat lapangan apel sebelah timur Mako yang berbatasan langsung dengan Jalan Tentara Pelajar Kebumen.

Selanjutnya di sebelah samping utara Mapolres di dekat tempat parkir dan di dalam didekat gang masuk ruang Sat Reskrim dan di beberapa lahan yang terlihat masih kosong.

Selain Polres, penanaman pohon digelar di seluruh Polsek jajaran. Kegiatan itu ditargetkan rampung sebelum sholat Jumat.

Pohon yang telah tertanam, diungkapkan AKBP Rudy nantinya akan langsung dirawat personel sesuai pembagian dari awal. Para personel ditugasi menyirami dan memupuk pohon yang tertanam sehingga perkembangan pohon bisa langsung dilihat setiap waktu.(*)
Powered by Blogger.