Memudahkan Komunikasi dengan Pelanggan, PDAM Kebumen Luncurkan Bang Kumis - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Memudahkan Komunikasi dengan Pelanggan, PDAM Kebumen Luncurkan Bang Kumis

Inovasi layanan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen
Memudahkan Komunikasi dengan Pelanggan, PDAM Kebumen Luncurkan Bang Kumis
Acara Undian Mbakyu Sarinem di Aula Kantor Pusat PDAM Tirta Bumi Sentosa   Kebumen, 23 Januari 2020.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa Kebumen meluncurkan inovasi layanan Bangun Komunikasi SMS Praktis (Bang Kumis). Inovasi baru ini untuk memberikan kemudahan informasi terkait layanan air pelanggan melalui pesan singkat atau SMS.

"Semacam SMS Gateway, jadi pelanggan dapat mengakses berapa tagihannya perbulan. Kita kirimkan informasi itu otomatis ke pelanggan melalui SMS," terang Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, Zein Musta'in, pada acara Undian Mbakyu Sarinem di Aula Kantor Pusat PDAM Tirta Bumi Sentosa   Kebumen, 23 Januari 2020.

Untuk mendapat layanan ini, kata Zein, pelanggan harus mendaftarkan nomor ponsel yang masih aktif. "Kita setiap bulan secara otomatis akan mendapat SMS gratis," imbuhnya.

Sementara itu, selama tiga tahun terakhir, PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen mengalami peningkatan kinerja. Menurut penilaian yang dilakukan oleh BPKP dengan empat indikator penilaian dari BPPSPAM, yang meliputi aspek keuangan, aspek pelayanan, aspek operasional dan aspek SDM.

PDAM Tirta Bumi Sentosa memperoleh nilai kinerja total 3,330 (2016), 3,525 (2017) dan 3,83 (2018), dengan kategori “Sehat”.

Selain itu, pada akhir 2019 PDAM Tirta Bumi Sentosa memperoleh predikat sebagai BUMD Penyelenggara SPAM terbaik kelima di Provinsi Jawa Tengah dan peringkat ke 24 se-Indonesia dari 380 PDAM/Perumda Air Minum/Perseroda yang dinilai kinerjanya oleh BPKP tahun 2019.

Baca juga: Rajin Bayar Air Sebelum Tanggal 6, Pelanggan PDAM Kebumen Dapat Kulkas Hingga Sepeda

"Tantangan yang dihadapi PDAM Tirta Bumi Sentosa kedepan adalah masih rendahnya cakupan layanan. Yaitu sebesar 15,45 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Kebumen," kata Zein.

Hal tersebut dipengaruhi oleh permasalahan air baku yang saat ini semakin jauh dari pusat-pusat pelayanan, sebarannya secara kuantitas tidak merata, dan kapasitas di beberapa lokasi menurun.

Pada 2020, lanjut dia, PDAM Tirta Bumi Sentosa memiliki beberapa program. Antara lain penambahan wilayah pelayanan baru di Kecamatan Poncowarno, Ambal dan Mirit. Desa yang dilayani di Kecamatan Poncowarno meliputi Desa Jembangan, Tegalrejo, Lumbu, Poncowarno, Lerepkebumen, dan Blater.

Untuk Kecamatan Ambal antara lain Desa Sidomukti,  Peneket, Sinungrejo, Singosari, Lajer, Banjarsari, Sidomulyo, dan Sidorejo. Untuk Kecamatan Mirit meliputi Desa Pekutan, Mangunranan, Kertodesa, Patukrejomulyo, Patukgawemulyo, dan Sarwogadung.

Selain itu, program sambungan rumah (SR) baru untuk tahun 2020 sebanyak 2.357 unit. Hingga penambahan loket pelayanan baru di Mall Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Gedung Juang 45 Jalan Indrakila Kebumen.

"Hadirnya loket PDAM Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen di MPP tersebut diharapkan agar akses pelanggan dalam melakukan pembayaran tagihan air menjadi bertambah luas," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>