Polres Kebumen Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

Ada 11 kecamatan di Kebumen rawan bencana alam
Polres Kebumen Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam
Bupati Yazid Mahfudz, mengecek berbagai peralatan tanggap bencana
www.inikebumen.net KEBUMEN - Intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Kebumen beberapa pekan terakhir ini cukup tinggi. Beberapa wilayah di Kebumen dilaporkan mengalami longsor meski masih terbilang ringan.

Mengantisipasi kemungkinan terburuk dampak cuaca akhir-akhir ini, Polres Kebumen menggelar Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam tahun 2020. Apel digelar di halaman Mapolres Kebumen, Jumat, 10 Januari 2020.

Apel diikuti, personel Polres Kebumen, Kodim 0709, Satpol PP, SAR Gabungan, Tagana, Satkom mitra Polri, Menwa, BPBD, gambungan Pemuda Pancasila, PMI, Banser. Serta organisasi relawan tanggap bencana.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat memimpin jalannya apel bersama Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara berharap ini hanya bentuk kesiapan saja, tidak ada bencana di Kebumen.

"Semoga di Kebumen tetap aman tidak ada bencana alam. Namun dengan apel kesiapsiagaan ini, jika nantinya terjadi bencana alam pasukan siap digeser bekerja dengan pemerintah daerah melakukan evakuasi," ujarnya.

Personil yang terlibat dalam siaga bencana diharapkan mampu melakasankan tugas dengan baik sesuai SOP masing-masing serta mengutamakan faktor keamanan baik personil dan materiil.

Bupati Yazid Mahfudz, menyambut baik Apel Kesiapsiagaan itu. Ia mengungkapkan Kabupaten Kebumen memiliki 11 kecamatan rawan bencana. Kepada Kapolsek, Danramil, serta Camat di 11 Kecamatan Bupati berharap untuk diantisipasi bersama.

"Bencana bisa datang kepada kita semua tanpa diperkirakan sebelumnya. Kepada seluruh warga masyarkat Kebumen untuk diantisipasi bersama," ungkap Bupati.

Dalam apel kesiapsiagaan, seluruh peralatan tanggap bencana mulai dari prahu karet, pelampung, mesin potong, hingga peralatan evakuasi ditampilkan dalam kesempatan itu.

Kendaraan rescue milik BPBD, mobil patroli Polres Kebumen hingga motor trail juga terlihat dibariskan rapih pada apel itu. Selanjutnya BPBD Kebumen bersama K9 Sat Samapta Polres Kebumen menerjunkan anjing pelacak spesialis pencari korban bencana.

Sat Samapta Polres Kebumen dalam kesempatan itu memperagakan tim reaksi cepat tanggap bencana dihadapan tamu undangan. Peragaan yang dipimpin Kasat Samapta AKP Rudjito, memperagakan Polres Kebumen mendatangi TPK pohon tumbang yang menimpa rumah.

Dengan cekatan personel Sat Samapta memotong pohon yang menimpa rumah dan mengevakuasi korban membawanya ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.(*)
Powered by Blogger.