Keren, Seluruh Warga Dukuhrejosari Ambal Dapat Nikmati Layanan Wifi Gratis - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Keren, Seluruh Warga Dukuhrejosari Ambal Dapat Nikmati Layanan Wifi Gratis

"Fasilitas WiFi gratis untuk masyarakat sebagai upaya mendorong pengembangan ekonomi desa," kata Imanudin.
Keren, Seluruh Warga Dukuhrejosari Ambal Dapat Nikmati Layanan Wifi Gratis
Warga setempat menunjukan website Desa Dukuhrejosari diakses dengan layanan wifi gratis
INI Kebumen, Ambal - Sebanyak 560 KK di Desa Dukuhrejosari, Kecamatan Ambal, kini bisa menikmati layanan wifi gratis. Pemerintah desa setempat telah memasang layanan tersebut di enam RW dan satu titik di balai desa.

Layanan Wifi Gratis bagi masyarakat menuju smart village Desa Dukuhrejosari, diresmikan oleh Bupati Yazid Mahfudz. Peluncuran program ini disaksikan warga desa di balai desa setempat, Sabtu, 15 Maret 2020.

Peresmian smart village  ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati diserahkan kepada Ketua Bumdes setempat.

Kepala Desa Dukuhrejosari, Imanudin, menjelaskan layanan ini bertujuan untuk menyediakan akses internet di warganya. Selain itu, program ini untuk meningkatkan literasi masyarakat di berbagai bidang seperti pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Fasilitas WiFi gratis untuk masyarakat sebagai upaya mendorong pengembangan ekonomi desa," kata Imanudin.

Layanan Wifi yang menggandeng salah satu provider ini bisa dinikmati oleh seluruh warga. Sebab, dibangun di enam RW yang ada desa setempat dan satu titik di balai desa. "Pengelolaanya dilakukan oleh BUMDes," ujarnya.

Dengan fasilitas wifi ini, Imanudin, berharap para pelaku ekonomi setempat semakin mudah dalam pemasaran sekaligus perluasan pasar.

"Tentu dengan penjualan online dapat menyasar bukan saja dalam negeri tapi juga luar negeri. Diharapkan kemiskinan juga terkikis sehingga kesejahteraan masyarakat terjamin," imbuhnya.

Hadir pada acara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kebumen Cokroaminoto, Kabag Humas Setda Kebumen Eko Purwanto, Forkopimcam Kecamatan Ambal, sereta masyarakat setempat.

Bupati mengapresiasi inovasi Pemerintah Desa Dukuhrejosari. Inovasi itu, kata Bupati, dapat menjadi contoh desa/kelurahan lain demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Menurutnya teknologi saat ini sudah menjadi kebutuhan bahkan keharusan.

"Keberadaan wifi ini akan menjadi daya dorong kemajuan desa. Sekaligus tambahan sumberdaya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa," kata Yazid Mahfudz.

Menurutnya, teknologi informasi dan komunikasi sangat penting perannya dalam upaya membangun dan memajukan daerah. Mempermudah, mempercepat dan mempermurah. Serta menjadi salah satu solusi bagi permasalahan yang dihadapi.

"Keberadaan wifi gratis ini saya harap juga menjadi pelecut kinerja pemerintah desa. Agar tugas-tugas pemerintahan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat  dapat berjalan lebih efektif, efisien, cepat dan entunya smart," tegasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>