Polisi dan TNI Aktif Punya Hak Pilih di Perumahan Griya Jatisari Indah

Unik, Pemilihan RT 05 RW 01 Griya Jatisari Indah rasa Pemilu
Polisi dan TNI Aktif Punya Hak Pilih di Perumahan Griya Jatisari Indah
Warga memasukan surat suara pada Pemilihan Ketua RT Perumahan GJI
INI Kebumen, Kebumen - Berbeda dengan pemilihan umum (Pemilu), Anggota Polri dan TNI aktif mempunyai hak pilih pada Pemilihan Ketua RT 05 RW 01 Perumahan Griya Jatisari Indah (GJI) Desa Jatisari, Kecamatan Kebumen. Pemilihan tersebut digelar di Sekretariat GJI, Minggu, 8 Maret 2020.

Panitia Pemilihan Ketua RT di temapat ini mendesain pemilihan layaknya Pemilu. Lengkap dengan aturan dan mekanisme pemilihannya yang dilakukan dengan cara pencoblosan langsung dengan surat suara.

Yang menarik, untuk pertama kalinya warga yang berprofesi sebagai Polisi dan TNI aktif ikut memilih pada pemilihan tersebut. Sebab, biasanya pada pemilu kedua profesi ini tidak memiliki hak pilih.

1. Diikuti oleh 10 Calon RT
Polisi dan TNI Aktif Punya Hak Pilih di Perumahan Griya Jatisari Indah
Warga foto bersama usai pemilihan Ketua RT
Ketua Panitia Pemilihan Sugiarto, mengatakan Pemilihan RT itu diikuti oleh 10 calon. "Masing-masing calon di usung dari perwakilan gang yang ada di GJI," terang Sugiarto.

Sugiarto menjelaskan, dari 175 pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang menggunakan hak suaranya sebanyak 130 warga.

"Terdapat 2 surat suara yang tidak sah dikarenakan ada 2 lobang coblosan. Alhamdulilah antusias warga untuk memilih sangat tinggi," kata dia.

Warga pun antusias mengikuti proses demokrasi tingkat RT sampai dengan penghitungan suara. Tidak hanya itu, seluruh warga berbondong-bondong memadati lokasi pemilihan yang dilangsungkan di halaman Sekretariat RT GJI.

Tidak hanya menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos kandidat calon yang diusung dari masing-masing gang. Mayoritas warga juga mengawal proses pemilihan hingga acara selesai.

Proses penghitungan suara dilaksanakan tepat pada pukul 10.00 WIB. Suara riuh dan sorak sorai warga terdengar ketika calon mereka di sebut namanya oleh panitia dan di catat di papan plano penghitungan.

Proses pemilihan berjalan aman, kondusif dan meriah. Meski sehari sebelum pemilihan ada calon yang mengundurkan diri, tetapi akhirnya proses pemilihan tetap bisa dilangsungkan.

2. Jadi contoh pendidikan demokrasi di tingkat bawah
Polisi dan TNI Aktif Punya Hak Pilih di Perumahan Griya Jatisari Indah
Panitia Pemilihan RT foto bersama usai penghitungan suara
Warga mengawal proses hingga penghitungan suara selesai disertai makan jajanan pasar dan makanan tradisional. Seperti ketela rebus, kacang godok lengkap dengan kopi hangat yang telah disediakan oleh panpel.

Sementara itu, hasil pemilihan H Eko Wibowo berhasil meraih suara terbanyak dengan perolehan 34 suara. Disusul Kasimin, dengan perolehan 31 suara. Kemudian, Aim L Hakiem, meraih 23 suara dan 7 calon lainnya mendapat perolehan rata- rata di bawah 10 suara.

Dengan demikian, H Eko Wibowo, ditetapkan sebagai Ketua RT 05 RW 01 Perumahan GJI Desa Jatisari Kecamatan Kebumen.

Sekdes Jatisari Lulut Ulumudin mengatakan Pemilihan Ketua RT 05 RW 01 Desa Jatisari bisa menjadi contoh pendidikan demokrasi di tingkat bawah.

"Akan kita dorong untuk dilakukan pada pemilihan ketua RT di wilayah lain. Bahkan akan diusulkan sebagai contoh di tingkat Kecamatan," ujarnya, disela-sela menghadiri acara tersebut.(*)
Powered by Blogger.