Polisi di Kebumen Jalani Tes Urine, Jika Kedapatan Konsumsi Narkoba Bakal Disanksi Tegas

Personel Polres Kebumen menjalani tes urine dari Bidpropam Polda Jateng 
Polisi di Kebumen Jalani Tes Urine, Jika Kedapatan Konsumsi Narkoba Bakal Disanksi Tegas
Urine para personel Polres Kebumen saat dicek. (Foto: Humas Polres Kebumen)
INI Kebumen, Kebumen - Selain merazia personel Sat Lantas, Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Jateng juga mendadak melakukan pengecekan urine seluruh personel Polres Kebumen, Senin, 9 Maret 2020. Tes urine dilakukan untuk memastikan tidak ada anggota polisi yang menyalahgunakan narkoba.

Mula-mula para personel itu dipanggil saat apel pagi. Selanjutnya dibariskan tersendiri oleh Bidpropam Polda yang dipimpin oleh oleh Kanit Hartib III Subbid Provos Bidpropam Polda Jateng Ipda Vani Fadersair.

Ada 20 personel Polres Kebumen yang dicek urinenya. Agar personel tidak berbuat curang saat menuangkan sampel urine miliknya, tiap-tiap pintu toilet dijaga ketat oleh Bidpropam.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, melalui Kasubbag Humas Iptu Tugiman, menjelaskan cek urine melibatkan Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Kebumen. Yakni untuk mengecek sampel-sampel urine yang telah dituangkan ke pot urine.

Sampel urine tersebut dites menggunakan alat dari Biddokkes Polda Jateng.

"Hasilnya saat itu juga bisa langsung terlihat. Dari 20 personel yang dicek semua negatif menggunakan Narkoba. Alhamdulillah kita ikut senang," kata Tugiman.

Selanjutnya hasil pengecekan urine nantinya akan dilaporkan ke Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Daniel.

Penyalahgunaan narkoba termasuk salah satu pelanggaran berat dalam institusi Polri. Para personel yang kedapatan mengkonsumsi narkoba akan diberikan sanksi tegas oleh Institusi.(*)
Powered by Blogger.