Imbas Corona, Kemenag Kebumen Tak Gelar Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadan

Penentuan awal Ramadan 1441 H
Imbas Corona, Kemenag Kebumen Tak Gelar Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadan

Proses rukyatul hilal di Pantai Pedalen (Ilustrasi)
INI Kebumen, KEBUMEN - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen memutuskan tidak akan menyelenggarakan rukyatul hilal atau pemantauan hilal untuk menentukan awal Ramadan 1441 H.

Seharusnya, rukyatul hilal diselenggarakan sore nanti, Kamis, 23 April 2020. Namun ditiadakan untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

"Untuk menghindari kerumunan, kita meniadakan rukyatul hilal," terang Kepala Kantor Kemenag Kebumen, H Panut, usia mengikuti rapat persiapan Ramadhan 1441 H/2020 di Gedung F Komplek Kantor Bupati Kebumen, Rabu, 22 April 2020

Pihaknya memutuskan, akan menunggu hasil sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) pada Kamis, 23 April 2020.

"Tapi prediksinya awal Ramadhan akan serentak mulai Jumat, 24 April 2020," katanya.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) biasanya menyelenggarakan rukyatul hilal di Pos Observasi Bulan (POB) Pedalen di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang ideal untuk melakukan rukyatul hilal. Bukan hanya BHRD Kebumen yang melakukan rukyatul hilal ditempat ini. Seperti BHRD Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo dan Purbalingga. BHRD Temanggung juga pernah melakukan rukyatul hilal disini.

Bahkan, rukyatul hilal di POB Pedalen merupakan rukyatul hilal yang paling ditunggu oleh Kementerian Agama RI sebagai bahan Sidang Isbat setiap penentuan awal Ramadan.

Oleh sebab itu, BHRD dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen setiap tahunnya wajib melakukan pengamatan bulan. Namun, tahun ini tidak dilakukan menyusul adanya pandemi Covid-19.(*)
Powered by Blogger.