PDAM Kebumen Beri Relaksasi Diskon 50 Persen Tagihan Pelanggan Terdampak Covid-19

Subsidi diberikan kepada 20.785 pelanggan selama dua bulan
PDAM Kebumen Beri Relaksasi Diskon 50 Persen Tagihan Pelanggan Terdampak Covid-19
Bupati Yazid Mahfudz, menyerahkan santunan
INI Kebumen, PEJAGOAN - PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, memberikan subsidi kepada 20.785 pelanggan selama dua bulan. Subsidi biaya air minum ini didasari pada kondisi ekonomi masyarakat terdampak wabah Covid-19.

"Sebagai salah satu BUMD, saya minta PDAM  untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. Terutama pelanggan yang kurang mampu ini harus disubsidi," kata Bupati Yazid Mahfudz, pada acara santunan PDAM Tirta Bumi Sentosa kepada anak yatim dan dhuafa di Panti Asuhan Assalam Istiqomah (Asih) Pejagoan, Jumat, 15 Mei 2020.

Menurutnya, subsidi diberikan mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat yang semakin sulit akibat pandemi covid-19. Pemberian subsidi ini khusus untuk pelanggan kalangan sosial khusus dan pelanggan sosial umum.

"Harapannya ini dapat meringankan beban masyarakat, terutama yang penghasilannya terdampak covid-19," ujarnya.

Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa, Zein Musta'in, menjelaskan pihaknya memberikan subsidi hingga 50 persen untuk pelanggan kategori sosial khusus, sosial umum dan kategori A-1.

"Kategori sosial seperti masjid, rumah sakit, panti asuhan. Kategori A-1, masyarakat berpenghasilan rendah. Sedangkan kategori A-2 kita diskon 10 persen," terangnya.

Diskon ini, lanjut dia, berlaku untuk mulai pemakaian Mei dan Juni, yang dibayarkan Juni dan Juli.

Selain itu, PDAM Tirta Bumi Sentosa juga memberikan diskon untuk pemasangan sambungan baru (SR) sebesar 50 persen untuk warga kurang mampu. Jika harga normal Rp 1.750.000, calon pelanggan cukup membayar 50 persen.

"Bahkan kalau benar-benar tidak mampu kita bisa ngasih angsuran 4-5 kali. Tanpa bunga, cukup memberi tanda jadi. Sisanya bisa diangsur 5 kali," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, PDAM Tirta Bumi Sentosa memberikan santunan 300 paket sembako dan uang tunai kepada anak-anak yatim dan kaum dhuafa.

Bantuan itu diberikan kepada Panti Asuhan Assalam Istiqomah (Asih) Pejagoan, Panti Asuhan Anak Yatim Piatu dan Dhuafa “Putra Mandiri” Pejagoan. Kemudian, Panti Asuhan Yatim Putri Aisiyah Hj Alfiatun Ihsan Kebumen dan Panti Sosial ABK “Putra Manunggal” Gombong.

"Kami berpartisipasi dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 membatu obat-obatan, vitamin, masker," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.