pendaftaran mahasiswa baru UPB

Fenomena Alam, Gerhana Bulan Penumbra Bakal Terjadi Dini Hari Nanti

"Sebagai Gerhana Samar maka tidak ada ketentuan menyelenggarakan shalat gerhana," pungkasnya.
Fenomena Alam, Gerhana Bulan Penumbral Bakal Terjadi Dini Hari Nanti
Gerhana Bulan (Ilustrasi)
INI Kebumen, KEBUMEN - Gerhana Bulan Penumbra atau Gerhana Bulan Samar dipredikai bakal terjadi pada Sabtu dini hari nanti, 6 Juni 2020. Fenomena alam tersebut bisa dilihat langsung menggunakan mata telanjang.

Ketua Lembaga Falakiyah PBNU Ma'rufin Sudibyo, menjelaskan gerhana bulan dimulai pada pukul 00.45 WIB sebagai kontak awal penumbra. Puncak gerhana bakal terjadi pada pukul 02.25 WIB. Secara kasatmata gerhana berakhir pada pukul 04.04 WIB.

"Fase–fase gerhana sama untuk seluruh Indonesia. Sehingga tidak ada perbedaan antara satu lokasi dengan lokasi yang lain," terang putra asli Kebumen ini.

Menurutnya, hampir seluruh Indonesia mengalami fase–fase gerhana secara utuh, kecuali sebagian Pulau Irian. Di Pulau Irian hanya fase awal gerhana dan pertengahan gerhana saja yang terjadi.

"Sementara fase akhir gerhana tidak terjadi karena berlangsung pada saat yang sama dengan terbenamnya Bulan atau terbitnya Matahari," kata Ma'rufin.

Dari hasil hisab tersebut dapat diketahui durasi Gerhana Bulan Penumbra ini mencapai 3 jam 18 menit 12 detik. Magnitudo gerhana mencapai 57 persen penumbral, sehingga hanya 57 persen cakram Bulan akan tertutupi oleh kerucut bayangan tambahan Bumi.

"Sebagai Gerhana Samar maka tidak ada ketentuan menyelenggarakan shalat gerhana," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.