pendaftaran mahasiswa baru UPB

Hari Lahir Pancasila, Pemkab Kebumen Luncurkan Telesehat Desa

Inovasi pelayanan kesehatan berbasis digital 
Hari Lahir Pancasila, Pemkab Kebumen Luncurkan Telesehat Desa
Wakil Bupati melaunching Program Telesehat Desa
INI Kebumen, AMBAL - Pemkab Kebumen meluncurkan program Telesehat Desa di Balai Desa Ambal Kliwonan Kecamatan Ambal, Senin, 1 Juni 2020. Inovasi pelayanan kesehatan digital ini dilaunching oleh Wakil Bupati Arif Sugiyanto.

Hadir pada launching itu, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Para Asisten Sekda, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen. Hadir juga Ketua Tim Percepatan Partisipasi Masyarakat Penanggulangan Covid-19 Kementerian Kesehatan Andrianto Purnawan.

Wakil Bupati, menjelaskan melalui aplikasi Telesehat Desa akan menyatukan dan meningkatkan pemantauan dan pengendalian Covid-19. Yakni antara pemerintah daerah, khususnya Dinas Kesehatan dengan masyarakat.

"Program Telesehat Desa mempersatukan dokter desa sebagai pengendali sistem ini dengan masyarakat dan jajaran aparat pemerintah daerah disemua jenjang. Telekonsultasi Kesehatan, untuk menyelesaikan masalah kesehatan dengan cepat dan benar," katanya.

Menurutnya, dalam Telesehat Desa terdapat informasi daftar protokol tatanan hidup baru di era pandemi. Kemudian, konsultasi dengan dokter online, informasi fasilitas kesehatan terdekat dan akan tersedia informasi perlindungan kelompok rentan serta pemantauan epidemiologi.

"Jadi aplikasi ini mempersatukan kita pada pemahaman yang sama dalam menerapkan tatanan hidup baru atau sering disebut Ne Normal," ujarnya.

Pihaknya berharap, semua pihak dapat berpartisipasi memanfaatkan sarana Telesehat Desa secara optimal. "Semoga dengan adanya Telesehat Desa ini dapat memberikan manfaat dalam rangka percepatan penangangan Covid-19," imbuhnya.

Ia menambahkan, program ini juga sejalan dengan program penerapan zonasi Covid-19 di Kebumen. Selain itu diharapkan dalam 100 hari setelah diterapkannya Telesehat Desa Kebumen bisa menjadi zona hijau dan terbebas dari Covid-19.

"Ini bukan hanya untuk penanganan Covid-19 saja. Tetapi juga untuk pelayanan kepada masyarakat ke depannya," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.