pendaftaran mahasiswa baru UPB

KKN di Masa Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNS Giatkan Germas

Selama melaksanakan KKN, Nurlia menggiatkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang diisi berbagai program.
KKN di Masa Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNS Giatkan Germas
Nurlia mengedukasi anak-anak untuk memakai masker sambil mengajak senam sehat. 
INI Kebumen, KEBUMEN - Mengantisipasi pandemi Covid-19, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga dilakukan penyesuaian.

Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Surat Edaran Nomor: 24/UN27/SE/2020 membuat kebijakan Rektor UNS tentang KKN di masa pandemi antara lain dengan menjadikan mahasiswa KKN sebagai relawan penanganan Covid-19 di daerah masing-masing.

Nurlia Agustin, mahasiswi FKIP UNS Prodi PGSD Kebumen juga melaksanakan KKN di lingkungan tempat tinggalnya. Yakni di RT 08 RW 06 Kelurahan Kebumen, Kecamatan Kebumen.

Dengan arahan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Budi Legowo SSi MSi, Nurlia menyusun berbagai program untuk membantu penanganan Covid-19 di lingkungannya selama masa KKN, yakni 15 Mei hingga 30 Juni 2020.

"Saya tak menyangka akan melaksanakan KKN di daerah sendiri. Tapi ternyata mengasyikkan juga untuk lebih dekat dan mengabdikan diri kepada masyarakat sekitar tempat tinggal," ujar Nurlia kepada inikebumen.net Selasa 30 Juni 2020.

Selama melaksanakan KKN, Nurlia menggiatkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang diisi berbagai program.

"Antara lain memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mencuci tangan dan menggunakan masker yang benar sesuai peraturan WHO dan protokol kesehatan," terang Nurlia.



Kegiatan tersebut dilakukan bersama warga Rt 08 Rw 06 khususnya anak-anak dan remaja. Menurut Nurlia, mereka masih memerlukan pemahaman dan bimbingan langsung dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Selain edukasi, mereka juga diajak melakukan senam sehat bersama sehingga suasananya jadi lebih asyik," imbuhnya.

Iqbal, salah seorang warga setempat mengapresiasi Germas yang diinisiasi Nurlia.

"Kegiatannya sangat bagus dan menyenangkan. Saya dan masyarakat jadi menyadari pentingnya pola hidup sehat untuk mencegah penularan Covid-19," ucapnya memberi kesan.

Ketua RT 08 RW 06 Erry Wibowo menanggapi bahwa kegiatan KKN di lingkungan tempat tinggal sendiri baru pertama kali ada. Menurutnya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

"Sebagai Ketua RT saya sangat senang, terlebih lagi kegiatan KKN ini bisa mengedukasi masyarakat seperti memberikan kesadaran untuk menjaga pola hidup sehat guna memutus rantai penyebaran virus Corona," katanya.

Menutup keterangannya, Nurlia mengatakan, bahwa melalui Germas juga ditekankan untuk tetap menjaga jarak, rajin berolah raga, menjaga kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.(*)
Powered by Blogger.