Peduli Kebumen, Mahasiswa KKN UMY Kembangkan UMKM Go Digital - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Peduli Kebumen, Mahasiswa KKN UMY Kembangkan UMKM Go Digital

Mahasiswa selalu berkolaborasi dengan UMKM yang menjadi mitra. 
Peduli Kebumen, Mahasiswa KKN UMY Kembangkan UMKM Go Digital
Tim KKN 27 UMY
INI Kebumen, KEBUMEN - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) asal Kebumen menunjukan kepeduliannya pada kampung halaman. Mereka membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Go Digital. 
Untuk membantu UMKM, UMY yang tergabung dalam Tim KKN 27 UMY melakukan pengabdian masyarakat di rumah produksi Peci Songkok Subhan Nur dan warga sekitarnya yang berada di Kebumen.

Pengabdian diimplementasikan melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis Teknologi Informasi.  Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.

“Saat ini UMKM terdampak pandemi Covid-19 jadi tujuan dari KKN ini adalah untuk meningkatkan komunikasi pemasaran melalui digital mareketing dan juga  mengembangkan cara mengelola keuangan usaha yang efektif dan efisien melalui teknologi digital,” jelas Ketua KKN 027,  Dicky Gunawan,  belum lama ini.

“Kebetulan peserta KKN semua berasal dari Kebumen, jadi ini juga menjadi bentuk kontribusi kami kepada kampung halaman kami,” tambah Dicky.

Dicky Gunawan menyebutkan bahwa target dari KKN ini adalah untuk pengembangan UMKM. Melalui pengembangan digital marketing dan bidang-bidang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

 Apalagi di saat ini banyak UMKM membutuhkan bantuan agar mampu berkembang. Proses KKN didampingi oleh Dr Fajar Junaedi, dari Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Ada 7 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY. KKN yang dikoordinasi oleh Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian masyarakat (LP3M) UMY ini merupakan bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi.

Fajar menyatakan bahwa dalam proses KKN, mahasiswa selalu berkolaborasi dengan UMKM yang menjadi mitra.

“Kolaborasi dengan mitra ditujukan agar setelah KKN selesai, keberlanjutan UMKM Go Digital tetap bisa berlangsung,” ungkap Fajar saat mendampingi mahasiswa.

Dosen Ilmu Komunikasi UMY ini menjelaskan bahwa tahap KKN adalah dengan diskusi dengan UMKM tentang pentingnya pengelolaan digital marketing.

Riset pengembangan platform untuk digital marketing UMKM, penyiapkan konten untuk media sosial dan akun UMKM di market place, dan pengunggahan konten sesuai dengan platform yang telah ditentukan.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>