pendaftaran mahasiswa baru UPB

Digelar Kemenag Kebumen, 37 Guru RA Ikuti Lomba Bercerita

Lomba Bercerita

Digelar Kemenag Kebumen, 37 Guru RA Ikuti Lomba Bercerita
Peserta lomba bercerita guru RA
INI Kebumen, KEBUMEN - Sebanyak 37 guru Roudlatul Athfal (RA) atau taman kakan-kanak  se Kabupaten Kebumen mengikuti lomba bercerita. 

Lomba yang diselenggarakan Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen dalam rangkaian Hari Guru Nasional  (HGN) 2020, Sabtu 12 Desember 2020.

Ketua Panitia HGN Kemenag  Kabupaten Kebumen Salim Wazdy MPd mengungkapkan,  bercerita atau mendongeng  pada dasarnya merupakan sarana yang baik untuk pendidikan karakter bagi anak RA.

Menurut Salim yang juga Pengawas Pendidikan Kemenag Kebumen itu, cerita atau kisah atau pun dongeng bisa membangun imajinasi yang kuat bagi anak usia RA, yang dalam psikologi perkembangan pada masa golden age atau usia emas.

Dia jelaskan, anak usia RA itu berpikir imajinasinya sangat tinggi. Maka cerita menjadi sarana pembentukan karakter yang efektif. 

Oleh karena itu cerita harus membawa pesan karakter yang baik seperti karakter keberanian, tanggung jawab, santun,  jujur, disiplin, patuh pada aturan dan sikap positif lainnya.

Dengan demikian, lanjut dia, lomba bercerita mempunyai dasar teori yang kuat. Oleh karena Salim  yakin para guru RA,  apalagi yang ikut lomba, pasti mampu bercerita dengan baik. 

“Hanya karena ini lomba mesti harus ada pemenangnya yang ditentukan oleh 3 Juri, tapi pemenangnya adalah semuanya yakni pemenang di hadapan siswa yang ibu semuanya,”ujar Salim.

Sementara itu Ketua Pelaksana Lomba Siti Nafingatun yang juga Ketua Ikatan Guru RA (IGRA) Kabupaten Kebumen melaporkan, lomba cerita tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati HGN Kantor Kemenag.

Lomba diikuti oleh 37 guru RA se Kabupaten Kebumen, bertempat di Aula Kemenag. Setiap peserta diberi waktu bercerita antara 5-7 menit. 

Para peserta diberi kesempatan berimprovisasi dan bercerita yang mengandung nilai-nilai pendidikan, budi pekerti sekaligus menyenangkan bagi anak RA.(*)

Powered by Blogger.