pendaftaran mahasiswa baru UPB

Curah Hujan Tinggi, Ganjar Perintahkan Daerah Rawan Bencana Siaga

Waspada bencana

Curah Hujan Tinggi, Ganjar Perintahkan Daerah Rawan Bencana Siaga
Ilustrasi
INI Kebumen, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengimbau seluruh warga dan kepala daerah di wilayah rawan bencana untuk siaga. 

Hal ini menyusul terjadinya sejumlah bencana longsor di beberapa wilayah Jawa Tengah. 

“Semuanya siaga terus menerus, pantauan kita harian, maka semuanya tetap harus menjaga diri dan mendampingi warga agar selalu siaga,” ujar Ganjar, Senin 18 Januari 2021.

Ganjar mengatakan pihaknya telah mengimbau BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) kabupaten-kota di wilayah Kedu Raya untuk bersiaga. 

Ganjar juga meminta BPBD rutin mengedukasi masyarakat yang tinggal di titik ekstrem (rawan bencana) untuk mewaspadai bencana akibat tingginya curah hujan. 

"Sekitar Kedu Raya semuanya siaga, jadi kalau curah hujannya tinggi dan berada pada kemiringan yang ekstrem atau ada gejala tanda-tanda (bencana) yang pernah dijumpai ayo segera ngungsi,” tandas Ganjar. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Jateng Safrudin menjelaskan untuk antisipasi bencana di wilayah lain pihaknya terus berkoordinasi dengan TNI-Polri. 

Selain itu, juga bersurat kepada Pemda (Pemerintah Daerah) setempat untuk terus mengedukasi warga tentang mitigasi bencana. 

“Untuk penanganan bencana lainnya, karena sekarang lagi musim hujan kita petakan yang rawan-rawan, jadi kami koordinasi selalu dengan sektor terkait dan teman-teman di kabupaten kota,” ujar Safrudin.(*)

Powered by Blogger.