Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Alam, Arif Sugiyanto Tanam Pohon di Poncowarno

Program 100 hari kerja Bupati dan Wakil bernama Nandur Wit Nggo Anak Putu

Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Alam, Arif Sugiyanto Tanam Pohon di Poncowarno
Bupati Arif menanam pohon di Desa Karangtengah, Poncowarno
INI Kebumen, PONCOWARNO – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih melakukan penanaman pohon untuk konservasi lahan kritis.

Program 100 hari kerja Bupati dan Wakil bernama Nandur Wit Nggo Anak Putu itu dilakukan di Desa Karangtengah Kecamatan Poncowarno, Senin, 15 Maret 2021.

Usai Penanaman, Bupati juga berkesempatan meresmikan Mushola Nurrul Yaqin yang ditandai dengan pemotongan pita dan panandatanganan batu prasasti di desa setempat. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan sertefikat penghargaan kepada para relawan kebencanaan dan  Pembinaan Kepada Kades dan sekdes se Kecamatan leh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Arif menyampaikan penanaman pohon ini bagian dari upaya pelestarian lingkungan hidup untuk anak cucu nanti. 

Adapun jumlah yaitu 9.000 batang terdiri dari berbagai jenis, seperti beringin sungsang, aren dan jenis pohon lainya.

"Penanaman Pohon ini bagian dari program kita yakni Nandur Wit Nggo Anak Putu. Apa lagi disini sebelumnya ada dua pohon besar yang tumbang, maka kita tanam kembali. Ini kita lakukan agar kelestarian dan sumber mata air tetap terjaga kembali," kata Arif.

Menurutnya, pelestarian lingkungan bukan sekadar masalah ekologis, akan tetapi juga berkaitan erat dengan masalah sosial. Pohon juga merupakan bagian penting dari pencegahan banjir, tanah longsor, kekeringan dan perubahan iklim. 

"Pohon juga merupakan  penyedia kebutuhan kayu; penyedia jasa lingkungan berupa air, oksigen, pelestari keanekaragaman hayati fauna; serta masih banyak lagi manfaat lainnya, Mari kita jaga alam ini bersama sama dengan baik," ujarnya.

Bupai Kebumen mengatakan saat ini upaya-upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan, melalui konservasi tanah dan air, serta reboisasi serta penghijauan, sudah tidak dapat ditunda lagi. 

Hutan yang terpelihara dengan baik, dan lahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup, akan berfungsi lindung bagi lahan di sekitarnya. Dengan demikian lahan akan berfungsi dengan baik dalam menata air, menyerap dan menyimpan air, lahan menjadi subur, kelembaban tanah, udara, serta iklim dapat terjaga keseimbangannya. 

"Lebih dari itu, menanam pohon merupakan amalan shaleh, sedekah  yang mendapatkan pahala besar dan terus-menerus," terangnya.

Disisi lain Bupati juga mengungkapkan bahwa bersama Ristawati dirinya telah diberi amanah dan tugas untuk memimpin Kabupaten Kebumen, 

Menyadari akan beratnya tanggungjawab yang emban agar berjalan dengan baik, Bupati berharap dukungan dari seluruh elemen. Khususnya Kades dan Sekdes sebagai garda terdepan pemerintahan desa.

"Oleh karenanya, saya mengajak para Kades  dan Sekdes yang hadir disini, mari bersama-sama kita membangun Kabupaten Kebumen agar lebih maju dan sejahtera," katanya.

Lebih jauh Arif menandaskan bahwa sebagai Bupati tahun 2021-2026, bersama Wakil Bupati dirinya telah merumuskan visi dan misi yaitu “Mewujudkan Kabupaten Kebumen Semakin Sejahtera, Mandiri, Berakhlak Bersama Rakyat”. 

Untuk mewujudkan cita cita tersebut, masyarakat Kabupaten Kebumen, jajaran Pemerintah Kabupaten Kebumen, khususnya Pemerintahan Desa dan seluruh stakeholder serta elemen yang ada, diminta untuk dapat mendukung dan saling bersinergi. Menyatu menjadi sebuah kekuatan untuk membangun dan memajukan Kebumen, serta membawa kemaslahatan bagi semua.(*)

Powered by Blogger.