Iin Arif Sugiyanto Ajak Warga Manfaatkan Halaman Rumah jadi Lahan Produktif - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Iin Arif Sugiyanto Ajak Warga Manfaatkan Halaman Rumah jadi Lahan Produktif

Lahan Sempit Jangan Jadi Halangan Mewujudkan Gerakan Hatinya PKK

Iin Arif Sugiyanto Ajak Warga Manfaatkan Halaman Rumah jadi Lahan Produktif
Iin saat mengunjungi rumah Lilis Yahya Fuad
INI Kebumen, KEBUMEN - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen, Ny Iin Windarti Arif Sugiyanto, mengajak anggotanya mewujudkan Gerakan Hatinya PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman).

Gerakan ini dengan memanfaatkan halaman rumah untuk menanam berbagai tanaman. Selain membuat asri, indah, dan segar, pemanfaatan halaman rumah juga bisa untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

"Memanfaatkan halaman atau pekarangan di sekitar rumah kita sebagai lahan produktif untuk tanaman pangan maupun tanaman hias. Selain untuk keindahan dan kenyamanan rumah, juga bisa untuk meningkatkan perekonomian keluarga," terang Ny Iin Windarti saat kunjungan silaturahmi ke rumah mantan Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen, Ny Lilis Suryani, di Gombong, Sabtu, 13 Maret 2021.

Menurutnya, pemanfaatan lahan atau pekarangan rumah dapat berfungsi sebagai lumbung hidup dan apotik hidup, serta sejalan dengan program Jogo Tonggo di masa pandemi.

"Lahan sempit jangan jadi halangan untuk mewujudkan Gerakan Hatinya PKK. Dengan kreativitas, semua pasti bisa terwujud. Untuk tanaman hias, tidak harus yang mahal, yang terpenting bagaimana merawat dan menatanya supaya terlihat cantik dan membuat nyaman keluarga," tegasnya.

Di rumah Ny Lilis Suryani, selain ada berbagai jenis tanaman anggrek, tanaman lain seperti suplir, paku-pakuan, dan sirih mini, tertata dengan apik, dan tumbuh cantik menawan.

Untuk memelihara tanaman supaya tumbuh sehat, Ny Lilis Suryani memberi tips, yakni tercukupi sinar matahari, sirkulasi udara, penyiraman, dan pemupukannya. 

"Tidak kalah penting, tanaman harus diperlakukan dengan penuh kasih sayang," jelas Ny Lilis Suryani. (*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>