Nelayan Kebumen Bakal Terima Bantuan Mesin Pendingin Ikan - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Nelayan Kebumen Bakal Terima Bantuan Mesin Pendingin Ikan

Bupati Kebumen Sosialisasi Bantuan Cold Storage untuk Nelayan

Nelayan Kebumen Bakal Terima Bantuan Mesin Pendingin Ikan
Bupati dan Wakil Bupati Kebumen
INI Kebumen, AYAH - Kelompok nelayan di Pantai Selatan Kebumen bakal segera menerima bantuan 1 unit Cold Storage atau mesin pendingin ikan. Bantuan tersebut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Mesin dengan kapasitas sekitar 200 ton itu diharapkan mampu menjadi solusi bagi nelayan untuk penyimpanan ikan dan hasil laut pantai selatan agar lebih segar dan berkulitas.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Bantuan Cold Storage Kementerian Kelautan dan Perikanan di Pantai Surumanis, Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Rabu 3 Maret 2021.

Acara dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Kebumen Ir Masagus Herunoto, Camat Ayah Munadi serta pemerintah desa dan nelayan setempat.

Bupati Arif Sugiyanto menjelasakan , bantuan tersebut  merupakan usulan dari Dislutkan Kebumen yang telah diverifikasi oleh Pusat, dan tidak dapat dialihfungsikan sesuai kelompok nelayan Perintis Mina Karya.

Untuk itu dengan bantuan tersebut diharapkan nantinya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, khususnya bagi para nelayan.  Apalagi selama ini nelayan Kebumen menjual ikan ke Cilacap karena di sana sudah ada cold storage. Namun ketika cold storage Cilacap penuh maka harga ikan dibeli murah.

“Untuk itu dengan bantuan ini saya yakin sangat ditunggu-tunggu, karena nelayan ketika menyimpan hasil tangkapan ikan dan mendistribusikan akan lebih mudah sehingga harga ikan akan stabil,”ucap Bupati.

Arif Sugiyanto menyatakan, untuk operasional cold storage memang cukup tinggi. Pihaknya akan mengkaji dan mengevaluasi saat cold storage tersebut beroperasi. Dengan begitu dapat ditemukan solusinya.

Plt Kepala Dislutkan Kebumen Masagus Herunoto menyampaikan bahwa Kabupaten Kebumen memiliki garis pantai sepanjang 57, 5 km dengan potensi wisata dan perikanan laut. 

Namun dari 8 Tempat Pelelangan Ikan (TPI), ada beberapa permasalahan yakni kondisi bangunan TPI yang masih memprihatinkan.

Masagus berharap  ke depan TPI bisa segera diperbaiki sehingga nelayan maupun pedagang bisa nyaman melakukan aktivitasnya.

Usai rapat, pada kesempatan itu Bupati dan Wakil Bupati serta Sekda Ahmad Ujang Sugiono mencicipi hasil ikan laut dan udang di Pantai Surumanis.  Bupati dan Wakil Bupati juga meninjau “Kolbun” atau kolam bundar budi daya lele di Desa Pasir, Kecamatan Ayah.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>