pendaftaran mahasiswa baru UPB

Hilal Awal Ramadan Tak Terlihat di Pos Observasi Bulan Pedalen

Meski hilal tidak terlihat, namun keputusan awal Ramadan ditentukan melalui sidang isbat di Kementerian Agama Jakarta.

Hilal Awal Ramadan Tak Terlihat di Pos Observasi Bulan Pedalen
Kegiatan rukyatul hilal di POB Pedalen, Ayah, Senin petang
INI Kebumen, AYAH - Rukyatul hilal yang dilakukan oleh Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Daerah Kebumen tidak berhasil melihat bulan muda.

Rukyatul hilal guna menentukan awal Ramadan 1442 Hijriyah ini digelar di Pos Observasi Bulan (POB) Pantai Pedalen, Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Senin petang, 12 April 2021.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Panut, dari hasil pengamatan bulan di sekitar POB Pantai Pedalen tidak berhasil melihat bulan.

Meski hilal tidak terlihat, namun keputusan awal Ramadan ditentukan melalui sidang isbat di Kementerian Agama Jakarta.

Adapun data hasil rukyat di POB Pantai Pedalen, baik terlihat maupun tidaknya hilal menjadi salah satu pertimbangan pada sidang isbat tersebut.

"Datanya langsung dikirim ke Kementerian Agama RI di Jakarta. Data tersebut untuk menjadi bahan dalam sidang itsbat penentuan 1 Ramadan 1442 Hijriyah," ujarnya.

Rukyatul hilal penentuan awal Ramadan 1442 Hijriyah menggunakan bantuan alat optik. Yakni teleskop refrafktor semi semi-otomatis maupun  menggunakan mata telanjang.

"Tujuannya adalah mendapatkan sebesar–besarnya kemungkinan memperoleh data dengan menggunakan tipe rukyat yang memungkinkan," imbuhnya.

Sementara itu, lokasi rukyatul hilal POB Pantai Pedalen di Desa Argopeni Kecamatan Ayah merupakan satu diantara lebih dari 100 pos rukyatul hilal tingkat nasional yang terdaftar di Kementerian Agama RI.

Tak hanya tim BHRD Kebumen saja yang melakukan pengamatan bulan, di tempat yang sama sejumlah tim BHRD dari kabupaten tetangga. Yakni BHRD Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, dan Wonosobo. Selain itu, juga ada tim hilal dari BMKG(*)

Powered by Blogger.