Serap Gabah Petani, Pemkab Kebumen Gelontorkan Dana Talangan Rp 1,5 Miliar - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Serap Gabah Petani, Pemkab Kebumen Gelontorkan Dana Talangan Rp 1,5 Miliar

Dana Talangan Pengadaan Pangan Rp 1,5 Miliar untuk 31 Gapoktan/Poktan

Serap Gabah Petani, Pemkab Kebumen Gelontorkan Dana Talangan Rp 1,5 Miliar
Ilustrasi
INI Kebumen, KEBUMEN - Sebanyak 31 Gapoktan/Poktan di Kabupaten Kebumen menerima dana talangan pengadaan pangan. 

Dana sebesar Rp 1,5 miliar diberikan agar dapat menyerap 348 ton gabah petani pada saat panen raya MT II saat ini.

Secara simbolis, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan bantuan tersebut di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin, 5 April 2021.

"Dana talangan pengadaan pangan diberikan kepada Gapoktan/Poktan untuk modal usaha pembelian gabah/beras, jagung, kedelai, dan kacang hijau dari petani," terang Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen, Tri Haryono.

Selain itu, lanjut Tri Haryono, bantuan ini juga untuk menumbuhkembangkan dan menggerakkan kelembagaan usaha ekonomi di pedesaan. Selain juga untuk mewujudkan ketahanan pangan daerah untuk  mendukung ketahanan pangan nasional.

Untuk besaran pinjaman berdasarkan penilaian tim teknis terhadap kemampuan Gapoktan/Poktan dalam menjalankan fungsinya sesuai kriteria kelembagaan, potensi kelompok, komitmen kelompok, dinamika kelompok, serta manajemen kelompok.

“Dana tersebut harus dikembalikan ke Rekening Kas Umum Daerah dalam jangka waktu tertentu. Pengembalian paling lambat 15 Desember 2021 dengan besaran jasa pinjaman 0,25% perbulan,” kata dia.

Untuk tahap I diserahkan kepada 24 Gapoktan/Poktan. Dari jumlah penerima, 10 Gapoktan/Poktan mendapat pinjaman sebesar Rp 55 juta, 5 Gapoktan/Poktan mendapat pinjaman sebesar Rp 50 juta, dan 9 Gapoktan/Poktan mendapatkan pinjaman sebesar Rp 45 juta.

Pada saat yang sama diserahkan pula bantuan benih padi Inhibrida 62.100 kg untuk 2.484 hektare di 100 Gapoktan/Poktan di 10 kecamatan, bantuan benih padi Inhibrida kegiatan Peningkatan Indeks pertanaman (PIP) 15.625 kg untuk 625 hektare di 9 Gapoktan di Kecamatan Ambal.

Selain itu benih padi untuk IP 400 sebanyak 625 kg untuk lahan sawah seluas 25 hektare di Desa Singoyudan, Kecamatan Mirit, dengan sumber dana APBN Tahun 2021, dan APBD Provinsi Jawa Tengah sejumlah 5.000 kg untuk lahan seluas 200 hektare. Diserahkan juga bantuan dana sarana produksi untuk kegiatan IP 400 sejumlah Rp 48.375.000.

Menurut Bupati Arif Sugiyanto, bantuan yang diserahkan merupakan implementasi program Tani Mulyo. Program tersebut, salah satu dari Program Kerja 100 Hari Bupati dan Wakil Bupati Kebumen periode 2021-2026.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>