pendaftaran mahasiswa baru UPB

Ternyata Tempat di Kebumen ini Penting untuk Menentukan Awal Ramadan

Mengenal Pos Observasi Bulan Pantai Pedalen

Ternyata Tempat di Kebumen ini Penting untuk Menentukan Awal Ramadan
POB di Pantai Pedalen Desa Argopeni, Ayah
INI Kebumen, AYAH - Pos Observasi Bulan (POB) Pedalen di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah ternyata adalah salah satu tempat yang ideal untuk melakukan rukyatul hilal. 

POB Pedalen merupakan satu diantara lebih dari 100 pos rukyatul hilal tingkat nasional.

Bahkan, hasil dari pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadan ditempat ini merupakan salah satu yang paling ditunggu oleh Sidang Isbat setiap penentuan awal Ramadan. Tak heran secara rutin, Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) dari lima kabupaten menggelar rukyatul hilal di tempat ini.

Tak banyak yang menyangka, rukyatul hilal yang dilakukan oleh Tim BHRD Kabupaten Kebumen di POB Pedalen merupakan rukyatul hilal yang paling ditunggu oleh Kementerian Agama RI untuk bahan Sidang Isbat setiap penentuan awal Ramadan. 

Oleh sebab itu, BHRD dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen setiap tahunnya wajib melakukan pengamatan bulan. Seperti yang dilakukan Senin, 12 April 2021 untuk menentukan awal Ramadan 1442 hijriah.

Letak pengamatan bulan di POB Pedalen posisinya paling tinggi di Indonesia. Sehingga tempat ini dianggap sebagai tempat paling ideal melakukan rukyatul hilal.

Yang memiliki posisi tinggi untuk mengamati hilal itu ada di daerah bagian selatan dan barat daya. Yakni NTT, NTB, sebagian Sumatera dan Pulau Jawa. Termasuk di POB Pedalen ini.

Bahkan, bukan hanya BHRD Kebumen yang melakukan rukyatul hilal ditempat ini. BHRD dari kabupaten lain yang belum memiliki lokasi pengamatan hilal ideal juga melakukannya ditempat ini. Seperti BHRD Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo dan Purbalingga.

Berikut video selengkapnya:

Powered by Blogger.