Dua Tim Mahasiswa UPB Kembali Raih Hibah PKM 2021 dari Kemdikbud-Ristek - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Dua Tim Mahasiswa UPB Kembali Raih Hibah PKM 2021 dari Kemdikbud-Ristek

Mahasiswa Universitas Putra Bangsa Kembali Torehkan Prestasi Nasional

Dua Tim Mahasiswa UPB Kembali Raih Hibah PKM 2021 dari Kemenristekdikti
Mahasiswa UPB torehkan prestasi nasional
INI Kebumen, KEBUMEN - Dua mahasiswa Universitas Putra Bangsa (UPB) berhasil lolos seleksi ajang kompetisi Nasional Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Yakni yang diselenggarakan Ditjen Dikti Kemdikbud-Ristek. 

Dua proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan UPB berhasil lolos pendanaan tahun 2021.

"Kami sangat bangga terhadap mahasiswa kami yang lolos hibah PKM 2021 ini. Ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan ditengah kondisi pandemi saat ini," kata Dosen Pendamping UKM Litbang Dr Irfan Helmy MM, Senin, 10 Mei 2021.

Menurutnya, untuk lolos pendanaan tahun 2021 persaingan cukup berat. Mengingat banyaknya aturan baru yang berubah terkait dengan panduan usulan proposal karena masih masa pandemi. Selain itu banyaknya persaingan dari kampus PTN dan PTS seluruh Indonesia.

"Hampir tiap tahun UPB meloloskan PKM Nasional. Sebenarnya target kami tahun ini dapat meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 3 proposal yang berhasil lolos pendanaan tahun 2020, tapi dengan pencapaian ini kami tetap bangga dan bersyukur masih mampu bersaing dengan ratusan ribu proposal dari PTN dan PTS seluruh Indonesia," paparnya.

Dua Proposal PKM UPB yang berhasil lolos pendanaan tersebut berjudul “Inovasi Kekinian dengan Memanfaatkan Kulit Buah Naga”. Proposal ini diketuai oleh Riska Pratiwi dengan anggota Idesti Dita Flaviani, Nisa Ma’rifah, Ratna Anjani.

Kemudian, proposal dengan judul “Cookies Rambutan: Inovasi Pemanfaatan Buah dan Biji Rambutan sebagai makanan lezat”. Diketuai oleh Emma Ermawati dengan anggota Alfiana Hanifah, Siti Maesaroh, Nida Nur Aini.

Salah satu penerima Hibah PKMK Riska Pratiwi menuturkan sangat senang dan bersyukur karena proposalnya berhasil lolos pendanaan dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. 

Riska berharap dari proposal ini nantinya dapat memberikan inovasi baru khususnya pada pemanfaatan kulit buah naga agar tidak hanya menjadi limbah saja.

"Kami akan berusaha memanfaatkan kesempatan ini sebaik baiknya sehingga apa yang kami laksanakan nantinya dapt bermanfaat untuk masyarakat," tuturnya.

Dia juga berpesan kepada teman-teman mahasiswa lain yang belum mendapatkan kesempatan lolos hibah PKM. Riska memberikan pesan untuk tetap semangat dan optimis, serta jangan takut untuk gagal. 

Menurutnya kegagalan bukan berarti menyerah, akan tetapi harus terus semangat untuk mengikuti PKM tahun depan.

"Kegagalan bukan tanda untuk tidak mencoba hal yang sama. Jangan menyerah, terus semangat untuk ikut PKM di tahun selanjutnya," tandanya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>