Lolos Seleksi Kampus Mengajar, 17 Mahasiswa UPB Kebumen Bakal Diterjunkan di Daerah Terpencil

17 Mahasiswa UPB Lolos Ikuti Program Kampus Mengajar Kemdikbud Ristek

Lolos Seleksi Kampus Mengajar, 17 Mahasiswa UPB Kebumen Bakal Diterjunkan di Daerah Terpencil
Kampus Universitas Putra Bangsa
INI Kebumen, KEBUMEN - Sebanyak 17 mahasiswa Universitas Putra Bangsa Kebumen dinyatakan lolos seleksi program Kampus mengajar tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Mereka dinyatakan lolos pada Jumat 23 Juli 2021 kemarin.

Kampus Mengajar merupakan salah satu program yang dibentuk oleh Kemendikbud Ristek di bawah kepemimpinan Nadiem Makariem.

"Untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi serta membantu pembelajaran pada masa pandemi," kata Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UPB, Ika Neni Kristanti SE MSc.

Program tersebut dikhususkan untuk SD di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Dimana, para mahasiswa UPB akan diberikan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. 

Menurut Ika, ke-17 mahasiswa UPB ini akan mengimplementasikan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Yakni dengan melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran di SD yang ditunjuk.

"Ini sebagai upaya untuk mengembangkan kualitas diri melalui aktivitas di luar kampus," ujarnya.

Pihaknya mengaku bangga kepada para mahasiswa yang lolos pada program ini. Meski di masa pandemi, namun tetap semangat dan mampu menunjukkan sikap kerelawanan dengan mengikuti program ini.

"Ini kesempatan berharga bagi mahasiswa merasakan kuliah di kampus kehidupan bersama masyarakat dalam kategori 3T," terang Ika.

Selain itu, lanjut Ika, program ini sekaligus menjadi sarana dan momentum untuk terus menjaga dan merawat semangat kerelawawan. Semangat berbagi dan peduli.

"Yang mana hal tersebut selaras dengan visi kampus UPB untuk mencetak generasi yang unggul, kompetitif dan berakhlak mulia," sambungnya.

Ika berharap mahasiswa dapat melaksanakan dan mengimplementasikan program ini dengan sebaik-baiknnya kepada masyarakat. "Termasuk dapat mengasah keterampilan sosial mereka dengan bekal ilmu yang telah dimiliki," pungkasnya.(*)

Powered by Blogger.