Markitung, Permainan Edukasi untuk Mengenalkan Matematika Kepada Anak Usia Dini - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Markitung, Permainan Edukasi untuk Mengenalkan Matematika Kepada Anak Usia Dini

Oleh: Nur Alfat Nadilah 

Markitung, Permainan Edukasi untuk Mengenalkan Matematika Kepada Anak Usia Dini
Tangkapan layar permainan interaktif Markitung
INI Kebumen - SUDAH hampir dua tahun Covid-19 melanda dunia, menyebabkan merosotnya kestabilan berbagai bidang kehidupan, mulai dari perekonomian, kesehatan hingga pendidikan. Dampak pandemi bagi pendidikan Indonesia, menyebabkan kegiatan pembelajaran harus dilakukan di rumah. 

Saat ini, yang dibutuhkan siswa adalah media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat literasi mereka. 

Oleh karena itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) menciptakan kegiatan KKN dalam format berbeda. Yakni KKN Tematik Literasi dan Rekognisi Program Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM)–Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). 

Untuk gelombang 2, KKN Tematik dilaksanakan selama satu bulan dari 26 Agustus hingga 26 September 2021 secara daring di tempat domisili masing-masing mahasiswa. Penulis melaksanakannya di Dukuh Grewing, Desa Kedungwinangun, Kecamatan Klirong.

KKN Tematik Gelombang 2 mengusung 2 program wajib dan pilihan. Untuk program wajib dengan sasaran lembaga pendidikan yaitu mengenai literasi baca tulis, literasi numerasi, dan literasi sains. Sedangkan untuk program pilihannya dengan sasaran masyarakat, meliputi literasi digital dan literasi finansial.

Dalam melaksanakan kegiatan, penulis menciptakan sebuah media ajar yang menarik untuk dimainkan oleh anak usia dini di rumah, tentunya dengan didampingi oleh orang tua. Media tersebut berupa permainan interaktif Markitung (Mari Kita Menghitung), yang dibuat penulis menggunakan aplikasi web learningapps.org. 

Melalui permainan ini, anak akan dikenalkan pada konsep awal matematika dengan mudah tanpa harus mengunduh aplikasi. Setelah mengenalkan permainan Markitung kepada para orang tua dan wali siswa, penulis mencoba membuat survei sederhana tentang penilaian mereka.

Dari 11 orang responden yang mengikuti survei, semuanya menyatakan permainan interaktif Markitung mampu meningkatkan minat literasi numerasi pada anak mereka. Tentunya survei sederhana ini masih perlu diperluas cakupan respondennya untuk mendapatkan hasil penilaian yang lebih valid.

Pembaca juga dapat ikut memberikan penilaian dengan mengakses permainan edukasi Markitung melalui link berikut ini : https://learningapps.org/watch?app=14685851.

Yang terpenting, meski pandemi memburuk, minat literasi tidak boleh ikut terpuruk.(*)

Penulis adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) asal Kebumen.

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>