Jalan Wadasmalang-Plumbon Longsor, Polisi Singkirkan Batu dari Tengah Jalan - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Jalan Wadasmalang-Plumbon Longsor, Polisi Singkirkan Batu dari Tengah Jalan

Tebing Batu Cadas Desa Plumbon Runtuh, Polsek Karangsambung: Harus Segera Dinormalisasi 

Jalan Wadasmalang-Plumbon Longsor, Polisi Singkirkan Batu dari Tengah Jalan
Polisi menyingkrikan batu dari tengah jalan
INI Kebumen KARANGSAMBUNG - Ruas Jalan Wadasmalang-Plumbon, tepatnya di Dukuh Sumberan Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung sering longsor. Tebing batu cadas sering runtuh dan jatuh ke bahu jalan.

Saat akan melintas warga harus memastikan bahwa lokasi yang akan dilalui benar-benar aman untuk dilalui.

Baru-baru ini longsor kembali terjadi di lokasi tersebut. Batu cadas berukuran cukup besar berserakan di tengah jalan, Kamis, 14 Oktober 2021.

Hal ini tentu mengganggu perjalanan  masyarakat, mengingat jalur tersebut adalah jalur utama penghubung Kecamatan Alian dengan Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung. 

Melihat kejadian itu, Polsek Karangsambung bergerak cepat mengevakuasi puing-puing bersama BPBD, Kecamatan Karangsambung dan Perangkat Desa setempat. 

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman mengungkapkan, saat ini puing-puing sudah disingkirkan dan bisa dilalui warga dengan aman.

"Setelah mendengar informasi ada longsor, Polsek bersama instansi terkait segera menuju ke lokasi dan melakukan evakuasi," jelas Iptu Tugiman. 

Kapolsek Karangsambung Iptu Masdar memimpin langsung jalannya evakuasi puing-puing batu cadas yang longsor ke ruas jalan.

Menurut Iptu Masdar, longsor bisa terjadi kapan saja karena rapuhnya tebing. Ini menjadi kerawanan tersendiri jika warga yang melintas tidak waspada. 

Terkait kejadian ini, kedepan, tebing akan dinormalisasi, dibuat terasering tebing supaya tidak longsor lagi dan tidak membahayakan pengguna jalan.

"Ini harus segera dilakukan normalisasi, untuk keamanan bersama," pungkas Iptu Masdar.(*) 

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>