Jelang Musim Hujan, Ganjar Minta Masyarakat Pahami Potensi Bencana Wilayahnya

“Saya minta semua menyiapkan diri. Semua,” tegasnya. 

Jelang Musim Hujan, Ganjar Minta Masyarakat Pahami Potensi Bencana Wilayahnya
Ganjar saat menerima bantuan hibah dari Djarum Foundation
INI Kebumen SEMARANG -  Musim penghujan sudah di depan mata karena itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh komponen masyarakat siaga bencana. Segala kerawanan bencana harus diantisipasi bersama. 

Hal itu disampaikan Ganjar, dalam sambutannya pada acara  sambutan penyerahan bantuan hibah Oxygen Concentrat dari Djarum Foundation untuk penanganan pandemi Covid-19 Jawa Tengah. Acara ini gelar di halaman kantor Gubernur Jateng, Senin, 11 Oktober 2021.

“Saya minta semua menyiapkan diri. Semua,” tegasnya. 

Perkiraan cuaca, lanjut Ganjar, harus dibaca oleh seluruh komponen masyarakat. Tidak hanya pemerintah daerah, termasuk relawan hingga ke level desa. 

“Baca terus tiap hari. Terus menerus (rutin) kondisi cuacanya, maka semua mesti siaga, semua,” ujar Ganjar. 

Di sisi lain, Ganjar juga meminta pihak terkait untuk terus menginformasikan perkembangan cuaca. Relawan yang memiliki informasi cuaca, juga diminta Ganjar untuk menyebarkannya hingga ke level desa. 

“Sehingga mitigasinya bisa jauh lebih baik dan masyarakat bisa mendapatkan informasi yang baik,” katanya. 

Sebagai pemimpin daerah, Ganjar juga ingin memastikan masyarakat sudah membaca dan mengetahui peta bencana yang ada di wilayah mereka agar mereka siaga. 

Terkait bencana longsor, Banjarnegara yang masuk sebagai daerah rawan, diakui Ganjar sudah dibahas secara khusus. 

“Karena ini bulan-bulan saatnya hujan turun, maka peta longsor seperti Banjarnegara itu kemarin rapatnya khusus,” tandasnya.(*)

Powered by Blogger.