Kandaskan Cilacap 3-1, Tim Futsal Kebumen Juara Dulongmas

Laga tersebut berlangsung di GOR Futsal Pejagoan,  Minggu, 24 Oktober 2021.

Kandaskan Cilacakap  3-1, Tim Futsal Kebumen Juara Dulongmas
Tim Futsal Kebumen foto bersama usai juara Dulongmas
INI Kebumen PEJAGOAN - Tim futsal U-20 Kebumen akhirnya mampu tampil sebagai juara 1 dalam ajang Pekan Olahraga Wilayah Kedu, Pekalongan, Banyumas (Dulongmas) 2020. 

Di partai final ini, tim futsal Kebumen bertemu dengan tim futsal Cilacap dengan skor akhir 3-1.Laga tersebut berlangsung di GOR Futsal Pejagoan,  Minggu, 24 Oktober 2021.

Dibabak pertama pertandingan cukup alot dan seru, kedua tim sama-sama kuat. Beruntung tim Kebumen mampu memecah kebuntuan dengan menjebol gawang lawang melalui tendangan mati dari kaki Alfian Setiawan. Kedudukan pun menjadi 1-0, untuk awal yang indah.

Sampai menit 20, dibabak pertama Kebumen masih unggul 1-0. Baru setelah itu dibabak kedua, tim Cilacap meningkatkan serangan lawan yang cukup membuat panik tim Kebumen. Karena sedikit kelengahan, tim Cilacap akhirnya mampu menjebol gawang tim Kebumen, skor menjadi imbang 1-1.

Baru di 10 menit terakhir, tim Kebumen bangkit lagi dan mampu melakukan penguasaan bola yang baik. Hingga akhirnya tendangan bebas dari Rahfi Hamzah mampu menjadikan tim Kebumen kembali unggul dengan skor 2-1. Teriakan yel-yel pun menggema di area GOR.

Dengan intesitas penyerangan Tim Kebumen yang begitu tinggi, tim Cilacap sudah mulai mengendor, bahkan terjadi kesalahan fatal yang mengakibatkan salah satu pemain cilacap diganjar kartu merah oleh wasit.

Perlahan, permainan lawan pun sudah mudah terbaca, tanpa susah payah, tendangan pojok Reza Ucok akhirnya mampu menutup pertandingan dengan skor 3-1.

Manajer Tim Futsal Putra Kebumen Agantha Pratama pun turut merasakan kebahagian atas hasil pencapaian terbaik yang dibawa seluruh pemain. Gantha percaya kerja keras, dengan disiplin permainan mampu membuahkan hasil yang maksimal.

"Untuk sampai ditahap ini tidaklah mudah, kita harus keluar masuk kampung untuk mencari pemain-pemain berbakat. Satu persatu kita saring, dan kita pilih sampai akhirnya kita menemukan 17 pemain yang siap tampil di ajang Dulongmas. Mereka adalah atlet terbaik yang punya talenta tinggi," ujar Gantha.

Gantha mengungkapkan, potensi ini harus terus dikembangkan. Pihaknya pun sudah menyiapkan akademi futsal untuk terus bisa mencari dan mencetak para atlet-atlet yang handal. Menurutnya untuk bisa mencari atlet futsal yang handal, harus dibina dan dilatih sejak usia dini.

"Kita sedangkan menyiapkan akademi futsal Kebumen di Karanganyar. Jadi anak-anak Kebumen yang punya hobi sepak bola atau main futsal bisa mendaftar ke kami. Nanti sepenuhnya kita akan beri latihan rutin, dengan menghadirkan pelatih yang handal. Ini semangatnya adalah untuk menumbuhkan rasa cinta kita kepada dunia olahraga," terangnya.

Pelatih Tim Fustal Kebumen Anjrah Setyarka Putra menyampaikan terimakasih dan bangga atas kesolidan dan kerja keras semua tim. Trofi ini kata dia, dipersembahkan untuk seluruh warga Kebumen. 

"Alhamdulillah ini adalah kado indah kami untuk seluruh warga Kebumen. Kami melihat anak-anak ini bermain dengan sepenuh hati, penuh kegembiraan dan optimisme yang tinggi. Hasilnya pun sesuai impian kita," tutur Anjrah.

Dalam menyambut Dulongmas ini, pihaknya sudah mempersiapkan sejak sebelum puasa dengan mencari para pemain usia 20 tahun di tiap-tiap kecamatan. Latihan pun rutin dilakukan 4 kali dalam seminggu sampai kejuarang Dulongmas ini berlangsung. 

"Setelah ini mereka akan terus kami bina dengan latihan rutin untuk mempersiapkan kejuaran lain di bawah bimbingan dan arahan dari Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK)," tandasnya. 

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, yang menyaksikan jalannya pertandingan mengucapkan selamat kepada dua tim. Khususnya kepada tim Futsal Kebumen yang telah menunjukan performa luar biasa, dengan hasil membanggakan.

"Selamat kepada seluruh tim yang bertanding. Kalian luar biasa hebat, mampu membawa nama baik Kebumen dengan tampil sebagai sang juara," ujar Bupati usai menyalami satu persatu seluruh pemain dan crew.

Piala diserahkan langsung oleh Bupati kepada pemenang juara 1 dan 2. Dengan hasil ini, Bupati yakin, Kebumen punya atlet-atlet bertalenta yang harus terus dikembangkan dan dibina agar bisa berlanjut mengikuti pertandingan olahraga ke jenjang lebih atas.

"Pembinaan harus terus jalan, latihan tidak boleh kendor. Ini adalah awal yang baik, prestasi ini harus bisa kalian pertahankan. Caranya bagaimana, jangan pernah merasa puas diri, kuncinya para pemenang adalah mereka yang tidak pernah menyerah," terang Bupati.(*)

Powered by Blogger.