Lomba Hadroh dan MQK Meriahkan Hari Santri di Kebumen

Wabup Kebumen  Buka Acara Lomba Hadroh dan Baca Kitab Hari Santri

Lomba Hadroh dan MQK Meriahkan Hari Santri di Kebumen
Peserta lomba hadroh dan MQK
INI Kebumen  KEBUMEN - Lomba Hadroh dan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) meramaikan Hari Santri Nasional di Kebumen, Minggu, 24 Oktober 2021.

Lomba yang dibuka oleh oleh Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, dipusatkan di Gedung SMK Ma'arif 1 Kebumen. 

Lomba hadroh diikuti 15 grup perwakilan dari sejumlah pondok pesantren. Sedangkan, lomba Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) diikuti 19 peserta.

Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI NU) Kebumen, Fachrudin Achmad Nawawi, menjelaskan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas para santri. Sekaligus merangsang bakat bakat mereka. 

Melalui kegiatan ini diharapkan para santri akan bertumbuh, berdaya dan berdaya saing. Termasuk menjadi santri yang moderen.

"Semoga ini bisa menjadi ajang para santri agar lebih berani menyalurkan bakat mereka dan kedepan akan tumbuh santri yang handal dan moderen,’’ujarnya.

Adapun lomba hadroh akan dinilai oleh dewan juri dengan kreteria meliputi kekompakan, suara dan adab. Para peserta diwajibkan membawakan dua buah lagu sholawat dengan ketentuan satu berjudul Yalal Waton dan satu bebas.

Sedangkan untuk lomba MQK, penilaian meliputi pemahanan dan pendalaman isi, serta adab. Seluruhnya akan dinilai oleh para dewan juri. 

Wakil Bupati menyampaikan, pihaknya menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan ini. 

Menurutnya, perlombaan ini dapat menjadi wasilah terpancarnya syiar Islam serta turunnya barokah bagi daerah serta seluruh masyarakat Kabupaten Kebumen.(*)

Powered by Blogger.