Mengintip Pabrik Rokok Sintren Gombong, Semua Pekerjanya Lansia

Para pekerja di perusahaan rokok klembak menyan ini, mulai bekerja dari pukul  06.00  hingga 13.00WIB. 

Mengintip Pabrik Rokok Sintren Gombong, Semua Pekerjanya Lansia
Para pekerja rokok Sintren Gombong saat bekerja
INI Kebumen GOMBONG - Di Gombong, Kebumen ada perusahaan rokok klembak menyan merk Rokok Sintren. Perusahaan rokok ini telah beroperasi dari tahun 1950 dan masih eksis hingga saat ini.

Pabrik Rokok Sintren didirkan oleh pasangan suami istri The Tjoan (Agus Subianto) dan Tjo Goe Nio (Setiawati). Saat ini usaha rokok klembak menyan diteruskan oleh anaknya,  yang merupakan generasi kedua keluarga, Edi Hendrawanto.

Selain memproduksi rokok bermerk Sintren, perusahaan rokok klembak menyan juga memproduksi rokok dengan merk Togog dan Bangjo. Perusahaan dengan bangunan zaman dahulu ini masih bertahan dan berdiri kokoh di Jalan Puring  Kelurahan Wonokriyo, Kecamatan Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.

Tidak hanya merek rokok Sintren, para pekerjanya pun masih bekerja di pabrik ini hingga saat ini. Maka dari itu jangan kaget jika tidak menemukan satu pun pekerja yang masih berusia muda di pabrik ini, melainkan para pekerja dengan usia 65 tahun hingga 90 tahun.

Hal yang sangat menakjubkan karena pekerja yang mengoperasikan alat pemotong kertas, pengelola bahan baku, keuangan, hingga para pelinting rokok sudah banyak yang bungkuk, berkulit kriput, dan rambut penuh dengan uban.

Para pekerja di perusahaan rokok klembak menyan ini, mulai bekerja dari pukul  06.00  hingga 13.00WIB. 

Orang tua Edi, Agus Subianto berpesan agar Edi tidak memecat para karyawan yang bekerja di sini, orang tua Edi mengatakan telah banyak utang budi dengan mereka.

Selengkapnya disimak pada video berikut:

Powered by Blogger.