Sanggar Surya Sumirat Prembun, Tetap Eksis Dimasa Pandemi Covid-19 - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Sanggar Surya Sumirat Prembun, Tetap Eksis Dimasa Pandemi Covid-19

Sanggar Surya Sumirat menggelar kethoprak dengan lakon Babad Kebumen ( Joko Puring ) di Lapangan Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso, Sabtu, 28 Agustus 2021.

Sanggar Surya Sumirat Prembun, Tetap Eksis Dimasa Pandemi Covid-19
Salah satu adegan dalam kethoprak sanggar Surya Sumirat dengan lakon Babad Kebumen ( Joko Puring )
INI Kebumen PREMBUN - Selama masa pandemi Covid -19 ini merupakan masa-masa yang sulit bagi komunitas kesenian untuk tetap tetap eksis berkreasi. 

Apalagi bagi komunitas kesenian tradisional, pada sebuah sanggar seni yang berada di daerah pedesaan.

Pada kondisi tersebut dibutuhkan komitmen yang kuat dari pengelola sanggar maupun para anggotanya. Para pelaku seni harus tetap berjuang untuk tetap hidup dan berkreasi meski dalam masa tanpa kompromi.

Tanpa terkecuali, bagi Sanggar Surya Sumirat yang beralamat  di RT 004 RW 001 Desa Pesuningan, Kecamatan Prembun ini. Sanggar seni tradisi pimpinan Eko Haryono SE , yang berdiri sejak 3 Maret 2010 dengan jumlah anggota 40 orang pelaku seni, harus berjuang agar tetap eksis selama masa pandemi Covid-19.

Meski hingga saat ini Sanggar Surya Sumirat telah memiliki Akta Kemenkumham Nomor: 6  Tgl 5 Juli 2017 dan berhasil meraih beberapa penghargaan. 

Diantarnya menjadi juara 3 saat mewakili Kabupaten Kebumen pada Festival Permainan Rakyat tingkat Jawa Tengah, Juara 1 tingkat Kabupaten Kebumen pada Festival Tari Dolanan Anak 2016 dan Penyaji Terbaik 4 Festival Kethoprak Bocah se Kedu. Serta  aktifitas yang dikembangkan saat ini adalah seni tradisi kethoprak.

Tidak hanya itu di Sanggar Surya Sumirat ini juga dilaksanakan pembelajaran menari bagi anak-anak. Bahkan untuk kesenian kethoprak ini, selain untuk orang dewasa, juga kethoprak untuk anak-anak. 

Akan tetapi sanggar seni, yang mengkhususkan diri pada pengembangan dan pelestarian seni tradisional ini menanggung beban yang cukup berat.
 
Sebagi bentuk upaya menjaga eksistensinya, baru-baru ini , Sanggar Surya Sumirat menggelar kethoprak dengan lakon Babad Kebumen ( Joko Puring ) di Lapangan Desa Pejengkolan Kecamatan Padureso, Sabtu, 28 Agustus 2021 malam.

Pentas kethoprak yang disutradari oleh Mudiyono SPd ini dilaksanakan secara virtual / live streaming  di chanel You Tube Tri Cahaya. Acara ini bekerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta (BPNB )

Menurut Eko Haryono SE selaku Ketua sanggar Surya Sumirat, pementasan baru-baru  ini merupakan bagian dari 30 komunitas yang berhasil lolos seleksi pengajuan proposal pada kegiatan Fasilitasi Pelestarian Nilai Budaya tahun 2021 di wilayah kerja BPNB Yogyakarta. 

Yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY. Komunitas penerima bantuan salah satunya adalah sanggar Surya Sumirat Desa Pesuningan Prembun Kebumen.

Eko  menambahkan verifikasi proposal diantaranya meliputi administrasi dan keberadaan sanggar. Serta eksistensinya dalam  pelestarian kesenian dan kebudayaan di Kebumen, khususnya seni tradisi.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>