Wartawan Senior Suara Merdeka Nahkodai PWI Kebumen 2021-2024 - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Wartawan Senior Suara Merdeka Nahkodai PWI Kebumen 2021-2024

Acara pelantikan dihadiri oleh  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, serta sejumlah pejabat lainnya. Baik dari Kebumen maupun Purworejo.

Wartawan Senior Suara Merdeka  Nahkodai PWI Kebumen
Pelantikan Pengurus PWI Kebumen dan Purworejo
INI Kebumen KEBUMEN - Wartawan senior Suara Merdeka, Supriyanto, resmi menjabat Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen.

Dia dilantik bersama pengurus PWI Kabupaten Kebumen dan Purworejo periode 2021-2024 oleh Ketua PWI Jateng Amir Machmud, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Minggu, 28 November 2021

Pria yang lebih dikenal dengan nama Ondo Supriyanto ini  menggantikan  Bagus Sukmawan, yang telah selesai masa jabatannya.

Sementara untuk posisi Wakil Ketua dijabat oleh Moh Tohri (LPPL Ratih TV), Sekretaris dijabat oleh Farhan Marzuki (RRI Purwokerto) dan Arta Aditya (LPPL In FM).  Untuk Bendahara dijabat oleh Saefurrohman (Kebumen Ekspres) dan Albar Subhan (Obsesion News Wakil Bendahara).

Untuk jajaran penasehat diduduki oleh tiga wartawan senior di Kebumen. Yaitu Komper Wardopo (Suarabaru.id), Nanang Widi Hartono (Koranbernas.id) dan Bagus Sukmawan (Kedaulatan Rakyat).

Acara pelantikan dihadiri oleh  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, serta sejumlah pejabat lainnya. Baik dari Kebumen maupun Purworejo.

Pelantikan didahului dengan pembacaan SK dan dilanjutkan dengan orientasi wartawan di tempat yang sama.

Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud, mengatakan ada 3 hal penting yang harus dipahami wartawan. Dintaranya yaitu profesional, kemartabatan dan eksistensi. Ketiganya merupakan hal yang saling terkait dan tidak bisa terlepas satu sama lain.

‘’Informasi haruslah memiliki tujuan yang jelas, bisa dipertanggungjawabkan dan narasumbernya juga harus yang kompeten. Sehingga publik percaya terhadap berita yang disajikan.’’ujarnya.

Disisi lain Amir juga mengatakan pentingnya wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 

Menurutnya ini sebagai bentuk profesionalitas bagi seorang pencari berita. Terlebih profesi wartawan sendiri dikenal sebagai Pilar ke -4 demokrasi. Terkait dengan UKW pihaknya juga berharap pemerintah dapat turut memfasilitasinya.

‘’UKW penting bagi wartawan, karna dengan ini sebagai ukuran wartawan sudah kompeten atau belum. Saya berharap Pemerintah nanti bisa menfasilitasinya melalui anggarannya,’’ucapnya.

Dengan UKW, wartawan dapat memberikan ketenangan bagi narasumber. Karena legalitas yang telah dimiliki telah diakui dan teruji.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>