Berkat Aplikasi Petaku, Perumda Tirta Bumi Sentosa Kebumen Sabet Penghargaan Perpamsi Awards 2021 - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Berkat Aplikasi Petaku, Perumda Tirta Bumi Sentosa Kebumen Sabet Penghargaan Perpamsi Awards 2021

Aplikasi tersebut digunakan untuk mengetahui secara cepat data pelanggan dengan menggunakan peta digital.

Berkat Aplikasi Petaku, Perumda Tirta Bumi Sentosa Kebumen Sabet Penghargaan Perpamsi Awards 2021
Penyarahan Perpamsi Awards 2021 di The Sunan Hotel Solo.
INI KEBUMEN - Inovasi pengembangan proses digitalisasi pada layanan pelanggan Perumda Tirta Bumi Sentosa Kebumen diganjar penghargaan Perpamsi Award 2021.

Penghargaan kategori BUMD Air Minum Sehat yang Memiliki Inovasi dalam Bidang Teknologi Informasi diberikan oleh Pengurus Pusat Perpamsi kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, di The Sunan Hotel Solo, Rabu, 8 Desember 2021. 

Penghargaan tersebut diserahkan acara Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) XIV.

Direktur Perumda Tirta Bumi Sentosa, Zein Musta'in, mengatakan beberapa inovasi yang telah dilakukan dalam pengembangan digital. Yakni, program Aplikasi Petaku (PDAM Tetap Miliku) yang memudahkan akses data 31.057 pelanggan.

Aplikasi tersebut digunakan untuk mengetahui secara cepat data pelanggan dengan menggunakan peta digital. 

"Program PETAKU ini merupakan karya mandiri yang kita buat guna memudahkan PDAM, khususnya para pembaca meter dan bagian pemeliharaan jaringan atau penagihan," tuturnya.

Tidak hanya itu, Perumda Tirta Bumi Sentosa juga melauching program RPAM (rencana pengamanan air minum). Merupakan pendekatan pengamanan pasokan air minum, yang meliputi penanganan di sumber air sampai dengan keran air setiap rumah tangga. Inovasi ini untuk memastikan kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan pelayanan air minum bagi masyarakat.

"Untuk pembayaran tagihan, 100 persen kita juga sudah tidak melayani uang cas atau tunai. Tapi secara online melalui aplikasi atau juga jaringan resmi yang bekerjasama dengan PDAM," terangnya.

Dengan penghargaan ini, Zein berharap PDAM bisa semakin sigap dalam menghadapi keluhan pelanggan, perbaikan layanan, dan memperluas jaringan pelanggan, dan penyerapan air minum di Kebumen dan sekitarnya.

Bupati Arif Sugiyanto, menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Perumda Tirta Bumi Sentosa yang sudah menunjukan kinerja baiknya. Sehingga mendapatkan penghargaan nasional dari Perpamsi dengan inovasi digitalnya dalam mempermudah layanan masyarakat.

"Penghargaan ini, harus menjadi semangat dari seluruh jajaran pegawai PDAM untuk bekerja lebih giat. Sehingga penghargaan itu bisa terus dipertahankan setiap tahun," kata dia. 

Lebih dari itu, lanjut Arif, Perumda Tirta Bumi Sentosa Kebumen bisa terus memperluas cakupannya dalam penyediaan air bersih di seluruh wilayah Kebumen.

"Kerja baik ini harus terus dijaga dan ditingkatkan. PDAM punya kewajiban untuk memberikan air bersih kepada seluruh warga Kebumen. Karena dengan air bersih, maka berarti PDAM turut mendukung pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat," tandasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>