MPK PDM Kebumen Gelar Baitul Arqam Bagi Guru dan Karyawan SD Muhammadiyah Kebumen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

MPK PDM Kebumen Gelar Baitul Arqam Bagi Guru dan Karyawan SD Muhammadiyah Kebumen

Baitul Arqam nantinya akan dilakukan secara masif dan berjenjang di PDM Kebumen.

MPK PDM Kebumen Gelar Baitul Arqam Bagi Guru dan Karyawan SD Muhammadiyah Kebumen
Suasana Baitul Arqam yang diselenggarakan oleh MPK PDM Kebumen.
INI KEBUMEN - Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPK PDM) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Baitul Arqam. 

Kegiatan ini diselenggarakan bagi guru dan karyawan SD Muhammadiyah Kebumen di Ruang Pedalen Hotel Candisari Karanganyar, Rabu-Kamis, 15-16 Desember 2021. 

Kegiatan Baitul Arqam diselenggarakan MPK PDM bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Majelis Dikdasmen) PDM Kebumen.

Menurut Ketua MPK PDM Kabupaten Kebumen Widiantoro Atmaji SPd MM, Baitul Arqam nantinya akan dilakukan secara masif dan berjenjang di PDM Kebumen. 

"Sekaligus digunakan sebagai syarat wajib menjadi Guru Tetap Yayasan (GTY) di Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kebumen," katanya saat menjadi narasumber.

Kepala SD Muhammadiyah Kebumen, Miskun SPd MPd ketika memberikan sambutan mengatakan, kegiatan Baitul Arqam dilaksanakan untuk menanamkan dan memperkuat militansi guru dan karyawan sebagai kader Muhammadiyah.

Miskun juga meminta kepada para peserta agar Baitul Arqom jangan dijadikan sebagai beban, akan tetapi dijadikan sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan menajamkan kembali paham Islam dalam Muhammadiyah. 

"Sehingga semangat guru dan karyawan setelah Baitul Arqam dapat meningkat. Terutama semangat pengabdian dan perjuangan di Muhammadiyah," harapnya.

Baitul Arqam diikuti 26 peserta yang terdiri dari 23 orang guru dan 3 orang karyawan.

Selain Ketua MPK PDM Kebumen, yang memberikan materi tentang Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah (MKCH), narasumber lainnya adalah tokoh-tokoh Muhammadiyah di Kebumen termasuk Ketua PDM Kebumen H Abduh Hisyam SAg MSi.

Narasumber berikutnya Ketua Bidang I PDM Kebumen Puji Handoko SAg MPd yang memberikan materi tentang Tuntunan Ibadah Praktis dalam manhaj Muhammadiyah. Lalu Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kebumen dr. Hasan Bayuni memberikan materi tentang Ethos Kerja Islami.

Sekretaris MPK PDM Kebumen, Muslim Fikri SE MSi memberikan materi tentang Kepemimpinan, sekaligus bertindak sebagau Master Of Training (MOT). Ketua Pimpinan Wilayah Nasyiyatul ‘Aisyiyah (PW NA) Jawa Tengah Ustazah Siti Zuhriyati Nurohmah SPd, serta Ustaz Fuad Syarif SPdI alumni Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta dan Musyrif MIBS Kebumen juga turut menjadi narasumber.

Selain materi yang diberikan narasumber, juga ada Suplemen Outbound Fun oleh Tim Instruktur MPK PDM Kebumen, yaitu Ipmawan Andi dan Ipmawan Edit. Baitul Arqam menjadi pelatihan yang menyenangkan dan berkesan. Dibuktikan dengan antusiasme dari peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Dalam laporan penutupan Muslim Fikri  menyampaikan, progress peserta dalam kegiatan Baitul Arqam. Meliputi hasil pre dan post test, angket dan keaktifan peserta selama proses pelatihan berjalan.

"Baitul Arqam ini diharapkan mampu menjadi spirit baru bagi guru dan karyawan di Sekolah Muhammadiyah Kebumen, untuk dapat bersama-sama melaksanakan fungsi sekolah Muhammadiyah, yaitu, pendidikan, pelayanan, dakwah, dan kaderisasi," ujar Fikri.

Dikatakan Fikri, penanaman jiwa militansi diperlukan, sehingga kegiatan Baitul Arqam seharusnya massif dilaksanakan. Guru dan karyawan diharapkan mampu menjadi guru dan karyawan Muhammadiyah, bukan hanya sekadar menjadi guru dan karyawan di sekolah Muhammadiyah.

"Dengan demikian sekolah Muhammadiyah akan menjadi sekolah yang unggul, berprestasi, dan senantiasa menyinari Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berkemajuan," pungkasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>