Nyaris jadi Korban Tanah Longsor, Warga Karangsambung ini Menyelamatkan Diri Lewat Jendela - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Nyaris jadi Korban Tanah Longsor, Warga Karangsambung ini Menyelamatkan Diri Lewat Jendela

Dua Rumah Warga di Karangsambung Rusak Parah Diterjang Tanah Longsor, Penghuninya Mengungsi

Nyaris jadi Korban Tanah Longsor, Warga Karangsambung ini Menyelamatkan Diri Lewat Jendela
Dua rumah di Desa Kaligending, Karangsambung rusak parah diterjang tanah longsor.
INI KEBUMEN - Dua rumah milik warga Desa Kaligending, Kecamatan Karangsambung, rusak parah diterjang tanah longsor, Sabtu, 11 Desember 2021 malam. T

idak ada korban jiwa pada peristiwa yang terjadi sekitar pukul 21.00 WIB itu. Tetapi dua KK terpaksa mengungsi ke rumah tetangga.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman, menjelaskan longsor terjadi saat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat. 

Adapun dua rumah yang rusak parah yakni rumah milik Salep dan Rasam, keduanya  warga RT 02 RW 02,  desa setempat.

"Awalnya hujan lebat terus menerus sejak sore. Selanjutnya, sekitar pukul 21.00 WIB, longsor dibarengi suara gemuruh dari arah samping kanan rumah Ibu Salep," jelas Iptu Tugiman, Minggu, 12 Desember 2021.

Saksi mata peristiwa detik-detik longsor adalah Fhina bersama adiknya, yang merupakan cucu Salep yang saat itu sedang berada di rumah. Keduanya awalnya mendengar tembok rumahnya diterjang tanah lalu bergegas keluar rumah menyelamatkan diri. 

Keduanya keluar melalui jendela ruang tamu dan lari menuju ke rumah tetangganya untuk mengamankan diri.Bahkan Fhina sempat terjepit, namun akhirnya berhasil lolos menyelamatkan diri.

"Saat kejadian, neneknya sedang tidak di rumah. Jadi cucu korban saksi yang pertama kali mengetahui peristiwa longsor," kata Iptu Tugiman. 

Dijelaskan Kapolsek Karangsambung Iptu Masdar, akibat  kerusakan yang cukup parah, sementara rumah Salep dan Rasam belum bisa ditinggali. 

"Polsek bersama TNI, Kecamatan, BPBD, PLN, Pemdes Kaligending dan warga hari ini kerja bakti. Kondisinya memang parah. Jadi harus dievakuasi," ungkap Kapolsek Karangsambung Iptu Masdar.

Informasi yang berhasil dihimpun, daerah tersebut memang rawan longsor. Kejadian longsor bukan pertama kali ini, dulu pernah terjadi longsor di titik yang sama.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>